Materi dan forma Sakramen PENGURAPAN orang sakit

Rincian The Seven Sacraments (1445) oleh Rogier van der Weyden menunjukkan sakramen Extreme Unction atau Anointing of the Sick.

Pengurapan Orang Sakit adalah sakramen penyembuhan yang kedua. Dalam sakramen ini seorang imam mengurapi orang yang sakit dengan minyak yang khusus diberkati untuk upacara ini. "Pengurapan orang sakit dapat dilayankan bagi setiap umat beriman yang, karena telah mencapai penggunaan akal budi, mulai berada dalam bahaya yang disebabkan sakit atau usia lanjut" (kanon 1004; KGK 1514). Baru menderita sakit ataupun makin memburuknya kondisi kesehatan membuat sakramen ini dapat diterima berkali-kali oleh seseorang.

Dalam tradisi Gereja Barat, sakramen ini diberikan hanya bagi orang-orang yang berada dalam sakratul maut, sehingga dikenal pula sebagai "Pengurapan Terakhir", yang dilayankan sebagai salah satu dari "Ritus-Ritus Terakhir". "Ritus-Ritus Terakhir" yang lain adalah pengakuan dosa (jika orang yang sekarat tersebut secara fisik tidak memungkinkan untuk mengakui dosanya, maka minimal diberikan absolusi, yang tergantung pada ada atau tidaknya penyesalan si sakit atas dosa-dosanya), dan Ekaristi, yang bilamana dilayankan kepada orang yang sekarat dikenal dengan sebutan "Viaticum", sebuah kata yang arti aslinya dalam bahasa Latin adalah "bekal perjalanan".

Artikel bertopik Katolik ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.

  • l
  • b
  • s

Diperoleh dari "//id.wikipedia.org/w/index.php?title=Pengurapan_orang_sakit&oldid=21207818"

Sakit membuat orang menjadi lemah, orang tersebut membutuhkan kekuatan raga, jiwa, dan rohnya. Dengan menerima sakramen Pengurapan Orang Sakit, pasien tidak hanya dkuatkan jiwa dan raganya tetapi menerima juga pengampunan yang membebaskan dari dosa dan hukuman atas dosa tersebut. Maka selamatlah orang tersebut walaupun dia meninggal dunia.

Sakramen Pengurapan Orang Sakit adalah sakramen penyembuhan yang kedua. Dalam sakramen ini seorang imam mengurapi si sakit dengan minyak yang khusus diberkati untuk upacara ini. Pengurapan orang sakit dapat dilayankan bagi setiap umat beriman, yang karena telah mencapai penggunaan akal budi, berada dalam bahaya yang disebabkan sakit atau usia lanjut atau dalam situasi yang mengancam nyawa/hidup (bdk. Kan 1004; KGK 1514). Sakramen ini dapat diterima berkali-kali oleh seseorang.

Alkitab mengatakan agar jika kita sakit, maka baiklah kita memanggil penatua Gereja untuk mendoakan dan mengurapi kita dengan minyak di dalam nama Tuhan. Dan doa yang didoakan dengan iman ini akan menyelamatkan kita yang sakit dan mengampuni dosa kita (bdk. Yak 5:14-15).

Sakramen Pengurapan Orang Sakit dimaksudkan untuk :

a.  Menguatkan kita di waktu sakit.

b.  Membersihkan jiwa kita dari dosa.

c.   Mempersiapkan kita untuk bertemu dengan Tuhan.

Materia dan forma sakramen Pengurapan Orang Sakit :

Materia dari sakramen ini adalah minyak zaitun (Oleum Infirmorum / OI) atau pengurapan dengan minyak zaitun pada dahi dan kedua telapak tangan.

Forma dari sakramen ini adalah pernyataan:  “Semoga dengan pengurapan suci ini, Allah yang Maharahim telah menolong saudara dengan rahmat Roh Kudus. Semoga Ia membebaskan saudara dari dosa, menganugrahkan keselamatan, dan berkenan menabahkan hati saudara.”

Pelayan sakramen Pengurapan Orang Sakit :

Pelayan yang mempunyai kuasa dan sah untuk sakramen Pengurapan Orang Sakit adalah seorang uskup atau imam. (hjh, dari berbagai sumber)


Sakramen pengurapan orang sakit atau makna sakramen minyak suci merupakan salah satu dari tujuh sakramen yang terdapat dalam agama Katolik. Pada mulanya, sakramen ini ditujukan bagi mereka yang sedang sekarat atau mendekati ajal. Dengan fungsinya tersebut, banyak orang yang malah takut melakukan sakramen pengurapan orang sakit karena beranggapan sakramen ini  dapat mempercepat kematian.

Alhasil, semakin hari sakramen ini semakin jarang digunakan. Oleh karena itulah, dalam perkembangannya terjadi perubahan fungsi pada sakramen pengurapan orang sakit. Sejak Konsili Vatikan II, sakramen ini tidak hanya ditujukan bagi mereka yang sakit parah, tetapi juga bagi mereka yang lemah supaya diberikan kekuatan secara jasmani maupun rohani. Selain itu, sakramen ini juga dapat dilakukan berkali-kali, berbeda dengan mulanya yang hanya dapat dilakukan satu kali.

Pelaksanaan sakramen pengurapan orang sakit dilakukan oleh seorang imam dan dihadiri oleh komunitas jemaat. Imam menumpangkan tangannya pada dahi si sakit sambil berdoa supaya Allah berkenan mengampuni jenis-jenis dosa dalam Alkitab, menganugerahkan keselamatan, dan berkenan menambahkan hati si sakit. Setelah itu, Imam mengusap tangan dan dahi si sakit dengan minyak khusus yang telah diberkati, yaitu minyak Oleum Infirmorum.

Kalau kita memperhatikan, umat hierarki gereja Katolik sering sekali menggunakan lambang dan simbol dalam ritual-ritual, termasuk dalam sakramen. Bukan karena mereka menyembah benda yang dijadikan lambang tersebut, melainkan mereka ingin lebih mendalami dan merasakan kehadiran Allah yang tak terlihat melalui benda ciptaan yang berfungsi sebagai lambang. Lambang dan simbol juga dianggap dapat membuat mereka lebih mampu melihat kedalaman kebaikan, kasih, belas kasih, dan hal-hal batiniah lainnya.

Simbol-simbol pada Sakramen Pengurapan Orang Sakit

Minyak urapan merupakan simbol pada sakramen pengurapan orang sakit yang paling penting. Karena itulah sakramen ini juga biasa disebut sakramen minyak suci. Sejak dulu, minyak memang sudah dikenal sebagai alat yang dapat menyembuhkan dan menyucikan. Dalam Alkitab sendiri, minyak urapan sudah disebutkan dua puluh kali, dan sebagian besar berfungsi untuk menguduskan sesuatu, seperti mezbah, bejana, dan peralatan-peralatan dalam kemah suci lainnya. Selain itu, minyak urapan juga dapat digunakan untuk acara-acara tertentu, seperti pelantikan imam, raja, dan nabi. Oleh karena itu, jaman dahulu orang biasa dilarang untuk menggunakan minyak urapan, apalagi membuatnya demi kepentingan pribadi.

Dalam kitab Keluaran 30:23-24, bahan-bahan untuk membuat minyak urapan terdiri dari mur, kayu manis, dan bahan-bahan alami lainnya. Sedangkan untuk perjanjian baru, minyak urapan hanya disebutkan empat kali dan masing-masing memiliki tujuan yang berbeda-beda.

Salah satu dasar Alkitab penggunaan minyak dalam sakramen pengurapan orang sakit yaitu terdapat pada Yakobus 5:14 yang mengatakan, “Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan.”

Simbol yang paling identik dengan umat Kristiani adalah tanda salib. Pada pelaksanaan sakramen pengurapan orang sakit, Imam membuat tanda salib pada dahi dan tangan si sakit. Umat Katolik memang sering sekali menggunakan salib dalam kehidupan sehari-harinya, contohnya membuat tanda salib di tubuh saat sebelum dan sesudah berdoa. Beberapa ajaran mengatakan bahwa dengan membuat tanda salib secara tidak sadar mereka disucikan oleh Allah. Selain itu, membuat tanda salib juga dapat melindungi umat dari ajaran duniawi yang menyesatkan. Namun secara umum, penggunaan tanda salib memiliki makna yaitu untuk mengingatkan kita akan kematian dan kebangkitan Yesus Kristus.

Penggunaan tanda salib Katolik juga memiliki sejarah sendiri. Pada abad kedua, banyak sekali umat Kristiani yang dianiaya dan dibunuh oleh orang Romawi. Sampai suatu ketika mereka bertemu dengan seorang Jenderal Romawi yang memiliki belas kasih pada orang Kristen yang disiksa. Namanya adalah Konstantinus, nama yang sekarang dijadikan nama kota di Turki.

Pada suatu malam, Sang Jenderal bermimpi, apabila ia ingin menang melawan Maxentinu di kota Roma, maka dia harus menandai seluruh pedangnya dengan tanda salib. Dia pun melakukannya, alhasil menanglah Sang Jenderal dan umat Kristiani terbebas dari penyiksaan. Itulah awal mulanya umat Kristiani mulai menggunakan tanda salib.

Saat melakukan pengurapan, sang Imam mengoleskan minyak suci pada dahi si sakit. Alasan mengapa dahi dijadikan simbol dalam sakramen ini dikarenakan dahi merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang paling mudah dilihat. Umat Katolik percaya bahwa mereka perlu memperlihatkan citra karakter Kristus melalui perbuatan. Dengan mengurapi dahi si sakit, menandakan kebutuhan akan Kristus serta bersedia mengikut-Nya, dan secara tidak langsung akan menggambarkan citra Kristus melalui dirinya.

Selain dahi, Imam juga mengoleskan minyak suci pada tangan si sakit. Tangan dianggap sebagai anggota tubuh yang paling sering digunakan saat melakukan aktivitas. Dengan mengurapi tangan, si sakit diingatkan supaya senantiasa melakukan segala aktivitasnya untuk kepentingan dan kehendak-Nya.

Dalam Markus 16:18 berbunyi, “… mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.” Ayat ini merupakan salah satu dasar mengapa Imam menumpangkan tangan saat mengurapi si sakit.

Selain dalam sakramen pengurapan orang sakit, banyak sekali acara/ritual yang juga melibatkan penumpangan tangan. Menumpangkan tangan menjadi salah satu simbol dalam sakramen pengurapan orang sakit karena memiliki makna bahwa kuasa Tuhan memasuki orang yang sakit melalui mediasi dari Imam. Selain itu, menumpangkan tangan pada si sakit juga dirasa dapat memberikan kenyamanan, menunjukkan kepedulian dan perhatian.

fbWhatsappTwitterLinkedIn

Video yang berhubungan

Postingan terbaru

LIHAT SEMUA