Kenapa adzan sholat jumat 2 kali

عَنِ السَّائِبِ بْنِ يَزِيدَ يَقُولُ : إِنَّ الأَذَانَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ كَانَ أَوَّلُهُ حِينَ يَجْلِسُ الإِمَامُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ عَلَى الْمِنْبَرِ فِى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ وَأَبِى بَكْرٍ وَعُمَرَ فَلَمَّا كَانَ فِي خِلَافَةِ عُثْمَانَ a وَكَثُرُوا، أَمَرَ عُثْمَانُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ بِالأَذَانِ الثَّالِثِ، فَأُذِّنَ بِهِ عَلَى الزَّوْرَاءِ، فَثَبَتَ الأَمْرُ عَلَى ذَلِكَ

Dar Sa’b bn Yaz brkaa, “Ssungguhnya azan paa har Jum’a paa awalnya aalah kka mam uuk paa har Jum’a aas mmbar paa masa Rasulullah, juga Abu Bakar an Umar. Takala paa masa Khalfah Usman an manusa lah banyak, maka blau mmrnahkan paa har Jum’a ngan azan kga, kumanangkan paa pasar az-Zaura’. Akhrnya, aplah prkara rsbu.”

Yang maksu ngan azan 3 kal aalah azan ua kal an skalnya qamah.

Lalu bagamana hukumnya azan ua kal alam shala jum’a rsbu ? Ulama brba pnapa nang prmasalahan n, sbagan mmanang sbaga prkara sunnah sangkan yang lan brpnapa ak aa ksunnahannya.

Yang brpnapa sunnah

Pnapa n ukung olh mayoras ulama mazhab, lmbaga Fawa uma Islam har n spr Darul Ifa Msr an Lajnah Damah Sau, an mnja Ijma suku kaum muslmn hngga har n.

Dall yang gunakan olh klompok pnapa prama n aalah

1.    Saba Nab:

فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الْمَهْدِيِّينَ الرَّاشِدِينَ تَمَسَّكُوا بِهَا وَعَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ

“Kamu wajb mngku sunnahku an sunnah Khulafa’ur Rasyn yang mnapakan punjuk an mnunjukkan jalan yang bnar, brpganglah ngan sunnahnya an gglah ngan gg grahammu.” (HR. Ahma)

Sg prallannya ar has, bahwa Nab mmrnahkan kpaa ka unuk mngku sunnah Khulafa’ur Rasyn, sangkan Usman rmasuk Khulafa’ur Rasyn, shngga mngku azannya aalah rmasuk syar’a yang ku.

2.    Ijma’ sahaba, karna sahaba Usman mmrnahkan azan n paa masa sahaba mash banyak, an ak aa sorang pun yang mngngkarnya.

 

Pnapa yang ak mnsunnahkan

Sbagan ulama ar kalangan Hanafyyah an mnuru rwaya pnapa mam Malk an juga al Imam Syaf’ mngaakan bahwa hal n ak aa ksunnahannya.

Dall ar pnukung pnapa kua n aalah : Mngku sunnah Nab, Abu Bakar, an Umar lbh uama, karna Sayna Usman mngaakan azan kua ngan aanya suau sbab yau banyaknya manusa an jauhnya rumah, paahal sbab rsbu suah ak aa paa zaman skarang karna aanya jam, jawal shala an hal baru lannya yang mnghapus uzur rsbu.


 Pnuup

Hnaknya ka ak mmprbsar masalah n, jusru ka brusaha agar sap prmasalahan khlafyyah mnja sarana pnwasaan uma. Jka ka brslsh maka bkan musuh akan sanga fkf alam mnjauhkan ka. Kahulah ak aa snjaa yang lbh ampuh unuk mlmahkan uma n mlbh prslshan.

Dalam shala jum’a aa yang brpnapa unuk azan cukup sau kal, aa pula yang mngaakan ua kal. Lan hal juga nnag jumlah jama’ah yang mngku baah rsbu. Bagamana pnjlasan mngna hal rsbu?

Mnuru syara Islam, smua akvas ka mula ar bangun ur hngga ur kmbal u aa hukumnya, an sap hukum u harus aa allnya. Jka yang sauara anyakan hanyalah all suau baah aau akvas, kam khawar jka all yang kam kngahkan rsbu akan mnmbulkan salah paham. Sakan-akan kam suju ngan hukum baah aau prbuaan yang aa allnya rsbu. Hal n karna barangkal all rsbu lbh lmah banngkan ngan all hukum yang lan.

Olh karna u, sharusnya pranyaannya aalah nang hukum suau baah aau prbuaan, karna scara oomas akan jawab ngan allnya skalgus. Bahkan lbh ar u, jka aa prslshan kalangan para ulama mngnanya akan paparkan scara lngkap. Namun mskpun mkan, kam brbak sangka, sauara paham ngan yang kam maksukan. Olh karna u brku n aalah jawaban aas pranyaan-pranyaan sauara.

1. Dall azan hanya sau kal alam shala Jum‘a

MarTrka

Taa Cara an Doa Suju Tlawah Brasarkan Has Nab Saw

Bagamana Taa Cara Suju Syukur Brasarkan Has Nab Saw?

Spuluh Har Prama Bulan Zulhjah, Smarakkan Spr Ramaan

1- عَنْ السَّائِبِ بْنِ يَزِيدَ قَالَ: كَانَ النِّدَاءُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَوَّلُهُ إِذَا جَلَسَ الْإِمَامُ عَلَى الْمِنْبَرِ عَلَى عَهْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، فَلَمَّا كَانَ عُثْمَانُ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ وَكَثُرَ النَّاسُ زَادَ النِّدَاءَ الثَّالِثَ عَلَى الزَّوْرَاءِ [رواه البخاري].

Arnya: “Drwayakan ar as-Sab bn Yaz, a brkaa: “Azan paa har Jum‘a awalnya ahulu alah apabla mam lah uuk aas mmbar paa masa Nab shallallahu ‘alah wasallam, Abu Bakar an Umar rahyallahu ‘anhu Namun kka Usman rahyallahu ‘anhu (mnja Khalfah) an orang-orang brambah banyak, blau mnambah azan kga az-Zaurak (suau mpa pasar Manah).” [HR. al-Bukhar]

2- عَنِ السَّائِبِ بْنِ يَزِيدَ ابْنِ أُخْتِ نَمِرٍ قَالَ: لَمْ يَكُنْ لِرَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَّا مُؤَذِّنٌ وَاحِدٌ فِي الصَّلَوَاتِ كُلِّهَا فِي الْجُمُعَةِ وَغَيْرِهَا يُؤَذِّنُ وَيُقِيمُ، قَالَ: كَانَ بِلَالٌ يُؤَذِّنُ إِذَا جَلَسَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى الْمِنْبَرِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَيُقِيمُ إِذَا نَزَلَ، وَلِأَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا حَتَّى كَانَ عُثْمَانُ [رواه أحمد].

Arnya: “Drwayakan ar as-Sab bn Yaz anak sauara prmpuan Namr, a brkaa: Rasulullah shallallahu ‘alah wasallam ahulu ak mmlk slan sau muazn alam smua shola, bak paa har Juma maupun lannya, yang brugas azan an qamah. Ia brkaa: Blal ahulu azan apabla Rasulullah shallallahu ‘alah wasallam uuk aas mmbar paa har Jum’a an qamah apabla blau urun. Dan (a juga mlakukan spr u) unuk Abu Bakar an Umar rahyallahu ‘anhu shngga (zaman) Usman” [HR. Ahma]

Dar ua all aas, jlaslah bahwa azan shala Jum‘a paa zaman Nab shallallahu ‘alah wasallam, Abu Bakar an Umar rahyallahu ‘anhu aalah hanya skal. Lalu paa zaman Usman, karna orang-orang brambah banyak maka blau mnambah sau lag azan unuk mmbrahu masuknya waku shala. Lalu azan yang sbnarnya aalah azan sblum mam brkhubah.  Prlu kankan sn bahwa, qamah alam bbrapa has –rmasuk has prama aas– juga sbu azan, shngga sakan-akan yang ambahkan Usman aalah azan kga, paahal yang bnar alah hanya aa ua azan an sau qamah. Usman mnambahkan azan karna brambahnya jumlah uma Islam paa masa u shngga blau khawar aa yang ak mnngarkan azan. Aapun unuk ka skarang cukup sau kal azan Jum‘a, karna kmbal k sunnah Rasulullah shallallahu ‘alah wasallam, an karna azan suah bsa kumanangkan ngan pngras suara shngga smua orang bsa mnngarnya anpa harus mnambah azannya.

2. Dall shala Jum‘a bolh laksanakan olh kurang ar 40 orang jama‘ah.

عَنْ سَالِمٍ قَالَ حَدَّثَنِي جَابِرٌ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: بَيْنَمَا نَحْنُ نُصَلِّي مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذْ أَقْبَلَتْ مِنْ الشَّأْمِ عِيرٌ تَحْمِلُ طَعَامًا فَالْتَفَتُوا إِلَيْهَا حَتَّى مَا بَقِيَ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَّا اثْنَا عَشَرَ رَجُلًا فَنَزَلَتْ “وَإِذَا رَأَوْا تِجَارَةً أَوْ لَهْوًا انْفَضُّوا إِلَيْهَا ” [رواه البخاري ومسلم].

Arnya: “Drwayakan ar Salm, a brkaa: Jabr rahyallahu ‘anhu mncrakan kpaaku, a brkaa: Kka kam shala (Jum‘a) brsama Nab shallallahu ‘alah wasallam ba-ba aang ar Syam kaflah ona mmbawa makanan, maka mrka (para sahaba) mnaangnya shngga ak rssa brsama Nab shallallahu ‘alah wasallam slan ua blas orang. Olh karna u urunlah aya: “Dan apabla mrka mlha prnagaan aau prmanan, mrka bubar” [HR. al-Bukhar an Muslm].

Para ulama spaka an bahkan brjmak bahwa shala Jum‘a u harus brjamaah. Namun mrka brba pnapa nang jumlah mnmal jamaah. Mazhab Hanaf brpnapa, cukup ga orang blum rmasuk mam. Mazhab Malk brpnapa mnmal aalah ua blas sbagamana alam has aas. Mazhab Syaf an Hambal mngaakan mnmalnya aalah mpa puluh orang brasarkan has-has yang lan. Namun yang rajh aau kua mnuru kam alah ak aa pmbaasan alam masalah jumlah, karna ak aa has yang scara sharh (jlas) mnsyarakan jumlah rnu. Slag lakukan scara brjamaah ngan jumlah banyak mnuru suau aa maka shala Jum‘a u sah lakukan.

Bagamana asar hukum azan Juma 2 kal?

Ja mnuru slah ushul fqh, azan Juma ua kal suah mnja “jma' suku”. Shngga prbuaan u mmlk lanasan yang kua ar salah sau sumbr hukum Islam, yakn jma' para sahaba.

Brapa kal azan alam shala Juma *?

Dalam shala jum'a aa yang brpnapa unuk azan cukup sau kal, aa pula yang mngaakan ua kal. Lan hal juga nnag jumlah jama'ah yang mngku baah rsbu.

Sapa yang mmula azan Juma ua kal?

Mayoras kaum Muslmn Inonsa mlaksanakan baah shola Juma ngan sruan azan ua kal. Prakk n mngacu paa nsaf khalfah kga, Sayyna Usman bn Affan, anpa aa sanggahan ar para sahaba lannya.