Buku panduan sketchup pro 2022

Brief content visible, double tap to read full content.

Full content visible, double tap to read brief content.

Yael Kedem is an interior designer and has been the owner of SketchUp Center in Israel for the past 11 years. She also trains professionals to use SketchUp software, while integrating and implementing it into the work process in the local market.

Yael has written 9 instruction books for SketchUp and a variety of instruction leaflets over the years. She decided to translate her latest, most comprehensive book into English and to share it worldwide.

She wrote the books from her own experience working with the software and with the ultimate goal of making it easier for users to understand SketchUp and incorporate it into the work.

While writing, Yael specialized in the two different computer (WI) environments and also taught courses in the CAD software that dominates the job market, all to make it easier for users to integrate SketchUp as an essential part of their job and provide proper workflow with short commands for optimal success.

The author recommends combining the study of this book with a practical or online course (currently taught in Israel at a number of universities and schools), but it certainly also stands on its own for independent study.

The book is accompanied by many exercises and solutions that present all the different scenarios in working with SketchUp, from the level of a sketch to the level of exporting sections, videos and entire presentations.

If you want to know when Yael’s next book will be published, please visit her website at http://www.3dacademy.co.il, where you can sign up to receive an email about her next release.

Jelajahi Best Seller Buku Tutorial Sketchup dari Gramedia. Buku disusun berdasarkan penjualan terbanyak.

Selengkapnya

Bidang teknologi saat ini semakin mengalami perkembangan. Berbagai macam hal baru muncul dalam dunia teknologi. Teknologi yang muncul memungkinkan masyarakat untuk melakukan berbagai hal dengan lebih mudah. Software atau perangkat lunak menjadi salah satu bentuk perkembangan teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk memudahkan berbagai kegiatan masyarakat.

Software atau perangkat lunak sendiri merupakan sekumpulan data elektronik yang diformat dan disimpan secara digital oleh perangkat komputer. Software atau perangkat lunak termasuk sebuah program komputer yang dokumentasi serta berbagai informasinya dapat dibaca dan ditulis oleh komputer. Kini telah terdapat berbagai jenis software atau perangkat lunak yang diciptakan dengan berbagai tujuan dan fungsi yang dapat mendukung berbagai kegiatan.

Salah satu software atau perangkat lunak yang diciptakan untuk mendukung kegiatan masyarakat adalah Sketchup. Sketchup menjadi sebuah software atau perangkat lunak yang berfungsi untuk mendukung kegiatan dalam merancang desain grafis. Sketchup merupakan sebuah software atau perangkat lunak yang digarap oleh Google dan saat ini telah diambil alih oleh perusahaan Trimble. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai pengertian, sejarah, jenis, fungsi, kelebihan, dan kekurangan Sketchup.

Pengertian Sketchup

Sketchup merupakan software atau perangkat lunak yang digunakan untuk menciptakan atau mengedit desain grafis dengan model 3 dimensi. Sketchup menjadi sebuah software atau perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan untuk menciptakan atau menggambar desain dalam berbagai bidang, seperti arsitektur, arsitektur lansekap, teknik sipil, desain interior, pembuatan video game, dan pembuatan film. Desain atau model yang diciptakan dengan Sketchup dapat diletakkan di Google Earth atau dipamerkan di 3D Warehouse.

Sketchup merupakan program grafis 3 dimensi yang menggabungkan sekumpulan alat atau tools sederhana, tetapi memiliki kemampuan yang sangat handal dalam desain grafis 3 dimensi di dalam layar komputer. Sketchup berhasil menjadi program grafis 3 dimensi yang banyak diminati hingga mampu menyamai keunggulan dari berbagai program desain grafis 3 dimensi lain yang telah hadir sebelumnya. Sketchup dikenal memiliki fitur yang user friendly serta memiliki versi yang dapat digunakan secara gratis oleh setiap orang yang tertarik untuk mempelajari dunia grafis 3 dimensi.

Sketchup dilengkapi dengan berbagai alat atau tools yang mendukung sebuah rancangan 3 dimensi. Salah satu tool utama yang dimiliki Sketchup, yaitu push dan pull. Tool ini memungkatkan perangcang desain dapat mengubah bentuk permukaan datar apa pun menjadi bentuk 3 dimensi dengan cara klik objek dan seret objek tersebut hingga memiliki bentuk yang diinginkan.

Sejarah Sketchup

Sketchup merupakan software atau perangkat lunak yang dikembangkan pertama kali oleh perusahaan startup @Last Software dari Boulder, Colorado, pada tahun 1990. Perusahaan pengembang Sketchup ini didirikan oleh Brad Schell dan Joe Esch.

Sketchup dirilis dan diperkenalkan kepada publik pada bulan Agustus 2000. Sketchup saat itu dikenal dengan tagline “3D Modelling for Everyone” atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti “3D untuk semua orang”. Masih di tahun yang sama, Sketchup memenangkan penghargaan untuk pertama kalinya, yaitu penghargaan dari Community Choice Award dalam sebuah trade show untuk kategori software atau perangkat lunak 3D.

Berlanjut ke tahun 2006, tepatnya pada tanggal 14 Maret, Google mengakuisisi Sketchup dan perusahaan @Last Software karena tertarik untuk mengembangkan plugin pada Google Earth.

Kemudian, versi 6 dari Sketchup dirilis oleh Google pada tanggal 9 Januari 2007. Versi ini dilengkapi dengan berbagai alat atau tools baru serta versi beta dari Google, yaitu Google Sketchup Layout. Layout dalam versi ini meliputi alat vektor 2D dan tata letak tools pada halaman yang akan memudahkan para penggunanya untuk membuat presentasi tanpa harus pergi ke program presentasi pihak ketiga. Fitur lain yang dimiliki versi 6 ini, yaitu pengguna dapat memperluas wilayah kerjanya sehingga kursor akan berada pada sekitar objek. Masih di tahun yang sama, yaitu pada tanggal 9 Februari, dirilis update maintenance yang dapat memperbaiki sejumlah bug, tetapi tidak dilengkapi dengan fitur baru.

Google selanjutnya merilis versi 7 Sketchup pada tanggal 17 November 2008. Versi ini memperkenalkan pengembangan yang lebih mudah digunakan, integrasi komponen browser Sketchup dengan Google 3D Warehouse, Layout 2, komponen dinamis untuk scaling dan perbaikan kerja API ruby, serta menghilangkan dukungan untuk Windows 2000.

Pada tanggal 1 September 2010, dirilis Sketchup versi 8 yang dilengkapi dengan berbagai perkembangan, yaitu model geolocation dengan Google Maps, warna citra dan terrain yang lebih akurat, integrasi Building Maker, perbaikan pencocokan foto, dan thumbnails scene. Selain itu, versi ini juga mendukung untuk sistem operasi untuk Mac OS X Tiger

Perusahaan Trimble mengumumkan akan mengambil alih Sketchup dari Google pada tanggal 26 April 2012. Akuisisi perusahaan Trimble terhadap Sketchup tersebut diselesaikan pada tanggal 1 Juni 2012. Perusahaan Trimble kemudian menyebarluaskan perangkat lunak ini dengan meluncurkan situs web baru yang saat ini menjadi host plugin dan ekstensi di SketchUp.com.

Sketchup dari perusahaan Trimble dirilis pada tahun 2014 dengan dilengkapi peningkatan infrastruktur kinerja dan berbagai kelebihan, seperti dapat dijalankan pada aplikasi 64 bit. Selain itu, dalam Sketchup versi ini juga dikembangkan pemodelan dan dokumentasi tools baru. Perkembangan dan informasi dari software atau perangkat lunak Sketchup hingga saat ini masih berada di bawah perusahaan Trimble.

Versi Sketchup

Sketchup terbagi menjadi 3 (tiga) versi, yaitu Sketchup Make, Sketchup Pro, dan Sketchup Free. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing versi Sketchup.

1. Sketchup Make

Sketchup Make merupakan Sketchup versi freeware yang dapat diunduh setelah melakukan pendaftaran akun gratis pada website resmi Sketchup. Sebagai versi yang dapat digunakan secara gratis, Sketchup Make banyak digunakan oleh siswa, mahasiswa, dan kalangan rumahan. Sketchup Make dapat digunakan untuk keperluan pribadi, seperti hobi di rumah, atau untuk keperluan dengan berbagai tujuan lain, seperti sebagai bahan latihan atau metode pembelajaran di sekolah.

Versi Sketchup Make tidak lagi diperbarui sejak tahun 2017, tetapi tetap dapat diunduh untuk digunakan oleh pengguna pada komputer atau laptop yang dimiliki. Pengguna baru Sketchup Make akan mendapatkan kesempatan trial atau uji coba Sketchup Pro gratis selama 30 hari.

2. Sketchup Pro

Sketchup Pro merupakan Sketchup versi premium atau berbayar. Sebagai versi premium atau berbayar, Sketchup Pro tentu dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan yang tidak dapat diakses pada versi Sketchup gratis. Beberapa fitur tambahan yang terdapat dalam Sketchup Pro, yaitu dapat mengimpor dan mengekspor berbagai format dokumen, memiliki akses ke software atau perangkat lunak dokumentasi 2 dimensi, memiliki alat tata letak, serta style builder atau pembangun gaya yang memungkinkan para penggunanya dapat membuat gaya tepi khusus untuk model desain.

3. Sketchup Free

Setelah versi Sketchup Make tidak lagi diperbarui, dirilis Sketchup Free sebagai pengganti versi tersebut pada bulan November 2017. Sketchup Free menjadi software atau perangkat lunak gratis berbasis web. Karena itu, Sketchup Free dapat diakses di mana pun secara online. Sebelum dapat menggunakan Sketchup versi ini, pengguna perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan mencantumkan alamat email yang valid.

Meskipun tidak dilengkapi dengan berbagai fitur lengkap, seperti yang dimiliki Sketchup Pro, Sketchup Free dapat menjadi solusi bagi pengguna yang hanya ingin menggunakan Sketchup  untuk keperluan desain dengan model 3 dimensi sederhana dalam penggunaan pribadi atau untuk mencari sesuatu yang dapat dicetak pada printer yang dimiliki.

Fungsi Tools Sketchup

Berikut adalah beberapa tools yang terdapat dalam Sketchup beserta fungsi yang dimiliki.

  1. Select merupakan alat yang digunakan untuk memilih atau mengubah objek atau model.
  2. Make Component merupakan alat yang digunakan untuk menggabungkan beberapa objek tunggak menjadi satu kesatuan.
  3. Paint Bucket merupakan alat yang digunakan untuk memberikan warna atau menempelkan material pada suatu objek.
  4. Eraser atau penghapus merupakan alat yang digunakan untuk menghapus gambar atau bahan objek.
  5. Rectangle merupakan alat yang dapat digunakan untuk membuat objek kotak.
  6. Line merupakan alat yang dapat digunakan untuk membuat garis.
  7. Circle merupakan alat yang dapat digunakan untuk membuat objek bulat.
  8. Arc merupakan alat yang dapat digunakan untuk membuat setengah lingkaran.
  9. Polygon merupakan alat yang dapat digunakan untuk membuat bentuk poligon atau objek persegi empat, enam, delapan, dan lainnya.
  10. Freehand merupakan alat yang dapat digunakan untuk membuat gambar bebas.
  11. Move merupakan alat yang dapat digunakan untuk memindahkan objek.
  12. Push / Pull merupakan alat yang dapat digunakan untuk mengubah bidang datar menjadi 3 dimensi.
  13. Rotate merupakan alat yang dapat digunakan untuk melakukan rotasi atau memutar objek.
  14. Follow Me merupakan alat yang dapat digunakan untuk memindahkan atau mengikuti objek yang disesuaikan.
  15. Scale merupakan alat yang dapat digunakan untuk mengubah ukuran atau skala objek.
  16. Offset merupakan alat yang dapat digunakan untuk menggandakan atau menduplikasikan sederet objek yang akan disesuaikan.
  17. Tape Measure merupakan alat yang dapat digunakan untuk mengukur objek.
  18. Dimension merupakan alat yang dapat digunakan untuk untuk memberi dimensi pada objek.
  19. Protractor merupakan alat yang dapat digunakan untuk mengukur kemiringan objek dan membuat elemen garis.
  20. Text Tool merupakan alat yang dapat digunakan untuk menyisipkan tulisan.
  21. Axes merupakan alat yang dapat digunakan untuk memindahkan atau memutar arah sumbu gambar.
  22. 3D Text merupakan alat yang dapat digunakan untuk membuat tulisan 3 dimensi.
  23. Orbit merupakan alat yang dapat digunakan untuk memutar pandangan atau tampilan objek.
  24. Pan merupakan alat yang dapat digunakan untuk memindahkan pandangan atau tampilan objek secara vertikal dan horizontal.
  25. Zoom merupakan alat yang dapat digunakan untuk memperbesar dan memperkecil objek.
  26. Zoom Extents merupakan alat yang dapat digunakan untuk memperbesar dan memperkecil satu layar.
  27. Previous merupakan alat yang dapat digunakan untuk membatalkan pratinjau atau undo preview.
  28. Next merupakan alat yang dapat digunakan untuk mengulangi pratinjau atau redo preview.
  29. Camera Position merupakan alat yang dapat digunakan untuk mengatur posisi kamera atau tampilan pada ketinggian tertentu untuk memastikan objek yang dapat saling berhadapan atau dapat melewati model.
  30. Look Around merupakan alat yang dapat digunakan untuk memutar posisi kamera dari titik diam atau stasioner.
  31. Walk merupakan alat yang dapat digunakan untuk pergi atau berjalan melalui toure model.
  32. Section Plane merupakan alat yang dapat digunakan untuk membuat pemotongan pada bagian efek sehingga dapat menunjukkan geometri dalam model.

Kelebihan Sketchup

Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki Sketchup.

  1. Mudah digunakan dan dapat digunakan secara gratis oleh setiap orang.
  2. Memiliki interface yang sangat menarik dan sederhana.
  3. Membuat pemodelan 3 dimensi menjadi lebih menyenangkan.
  4. Tools yang dimiliki dapat mudah diingat.
  5. Dilengkapi dengan banyak video tutorial, Help Center, dan komunitas pengguna di seluruh dunia sehingga akan sangat membantu pengguna baru.
  6. Terdapat banyak open source dan plugin yang mendukung kinerja Sketchup.
  7. Sangat ringan untuk komputer yang berbasis standar.
  8. Dilengkapi dengan fitur untuk mengimpor ekstensi file, seperti 3ds, dwg, pdf, jpg, dan lainnya.
  9. Berbagai fitur yang ada bisa didapatkan dengan mudah melalui 3D Warehouse serta hasil yang dikerjakan dapat diunggah ke 3D Warehouse.

Kekurangan Sketchup

Berikut adalah beberapa kekurangan yang dimiliki Sketchup.

  1. Meskipun menggunakan plugin, sulit untuk melakukan pemodelan tingkat lanjut dengan Sketchup.
  2. Dapat terjadi gangguan jika terdapat banyak permukaan patch dan vertex. Misalnya, ketika model canggih, seperti model manusia, diimpor dari 3ds Max ke Sketchup.

SketchUp milik siapa?

SketchUp adalah program komputer pemodelan 3D untuk berbagai aplikasi gambar seperti arsitektur, desain interior, arsitektur lansekap, teknik sipil dan mekanik, desain film dan video game. SketchUp dimiliki oleh Trimble Inc., sebuah perusahaan survei pemetaan dan peralatan navigasi.

Tahun berapakah software atau program SketchUp pertama kali mulai di rilis?

Kisah lahirnya SketchUp dimulai di tahun 1999 dengan didirikannya sebuah perusahaan kecil bernama @Last Software di Boulder, Colorado, USA, yang didirikan oleh Brad Schell dan Joe Esch. Mereka melihat banyak software 3D yang agak rumit untuk membuat sebuah model, sehingga tergerak unutk menciptakan sebuah software ...

SketchUp termasuk software apa?

SketchUp merupakan sebuah program pemodelan 3D yang dirancang untuk arsitek, insinyur sipil, pembuat film, game developer, dan profesi terkait. Ini juga mencakup fitur-fitur untuk memfasilitasi model penempatan di Google Earth.

Siapa yang pertama kali membeli SketchUp?

SketchUp pertama kali dirilis oleh @Last Software pada tahun 2000. Sejak Google mengakuisisi @ Last Software pada tahun 2006, SketchUp lebih dikenal sebagai Google SketchUp dan telah berhasil berkembang dengan sangat pesat.