Sebutkan faktor apa saja yang MEMPENGARUHI perkembangan IMK

September 5, 2009 at 4:44 am | Posted in Interaksi Manusia dan Komputer | 2 Comments

1. Linguistic
Bahasa sebagai media bagi manusia untuk berinteraksi dengan manusia lain, meliputi aspek-aspek ; Sintaksis, sematik dan pragmatism. Bahasa dalam hal ini dapat memudahkan user untuk memahami komputer yang digunakan.

2. Multimedia (Graphic Design)
Penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Konsep – konsep  dasar dari tampilan komputer : Aspek geometris dalam 2 atau 3 dimensi , Transformasi linear, Tampilan warna .

3. Business Perkembangan HCI sangat dipengaruhi oleh dunia bisnis. Persaingan bisnis yang semakin ketat menghasilkan produk yang lebih mudah digunakan.

Perusahaan hardware berusaha membuat produk yang memudahkan manusia dalam memenuhi kebutuhannya, misalnya hardware, monitor PC, laptop, dan lainnya. Hal ini juga memacu perkembangan perangkat lunak yang lain yang juga semakin memudahkan manusia berinteraksi dengan mesin. Prinsip ekonomi juga berlaku, semakin banyak permintaan pasar, maka semakin berusaha produsen menyediakannya.

4. Technical Writing Merupakan suatu bentuk teknik komunikasi berjenis penulisan formal yang digunakan dalam berbagai ruang lingkup, seperti perangkat keras dan perangkat lunak komputer, robotika, dan lain sebagainya.

Seorang  Technical Writer bertugas untuk menjelaskan hubungan teknis dan nonteknis penggunaan teknologi kepada audiens. Misalnya, membantu user /konsumen bagaimana menggunakan komputer atau programer bagaimana cara menggunakan software library.

5. Sociology
Dalam dunia internet munculnya situs-situs Social Networking, yang mendukung interaksi antar manusia melalui komputer.

6. Ergonomi
Mempelajari  karakter fisik dari interaksi yang juga disebut dengan faktor manusia. Melihat sesuatu dari penggunaan warna, (misalnya warna merah untuk tanda peringatan),masalah kesehatan (misalnya, posisi badan saat menggunakan komputer, jarak pandang mata terhadap monitor), lingkungan (misalnya pengaturan tempat duduk yang dapat disesuaikan dengan semua user), dan lain-lain.

7. Cognitive Psychology
Merupakan ilmu psikologi yang  menyelidiki proses-proses mental internal yang dipikirkan, seperti penyelesaian masalah, proses pengamatan, dll.

8. Cognitive science
Merupakan ilmu tentang kecerdasan natural. Metode penelitiannya melibatkan model komputansi (computational modelling). Faktor ini juga melibatkan Artificial Intelligent.

9. Social psychology
Faktor ini berhubungan dengan pemikiran, perasaan, dan kebiasaan seseorang mempengaruhi ataupun dipengaruhi oleh orang lain. Dalam perancangan program haruslah yang user friendly agar pengguna dapat menggunakan dengan mudah.

10.  Anthropology
Faktor ini memberikan gambaran tentang tata cara kerja kelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai bidang masing-masing. Faktor antropologi dapat memberikan pandangan yang mendalam tentang tata cara kerja, dimana terjadi komunikasi antara manusia dan peralatan yang mereka gunakan dalam hal ini komputer.

11.  Artificial intelligence
Kecerdasan buatan bertujuan agar komputer dapat melakukan proses seperti yang dilakukan oleh manusia dengan menggabungkan cara berpikir manusia dan komputer (mesin) dalam mengambil keputusan dan memecahkan masalah.

12.  Organization Psychology
Faktor ini berhubungan dengan bagaimana merekrut personil, kepemimpinan, analisis pekerjaan (job analisis), motivasi di tempat kerja, latihan, komitmen dan kepuasan kerja dan lainnya.

13.  Mathematics
Pembuatan suatu software haruslah efisien dalam perhitungan matematika. Jika suatu software bisa dijalankan oleh semua orang yang baru belajar maupun pakar,  unsur kemudahan dalam segi hitungan matematika akan membuat software tersebut disukai oleh banyak orang. Matematika juga digunakan dalam teori pembuatan game dan kriptografi.

14. Computer Science & Software Engineering

Faktor ini dapat menciptakan suatu program yang efektif, efisien, dan user friendly, sehingga dapat menghasilkan suatu program maupun mesin yang mudah dipahami oleh user.

Fakto-faktor yang mempengaruhi perkembangan IMK :

1. Rekayasa Perangkat Lunak / RPL (Software Engineering)


RPL adalah intruksi-intruksi yang bila dieksekusi akan memberikan fungsi yang diinginkan. RPL juga dapat diartikan sebagai struktur data yang memungkinkan suatu program memanipulasi informasi secara proporsional.
RPL merupakan factor yang bias menciptakan program yang efektif, efisien, dan user friendly sehingga menghasilkan sistem yang betul-betul diiinginkan oleh user.
2. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)
Bagian ilmu computer yang bertujuan agar komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia serta menggabungkan cara berpikir manusia dan mesin untuk mengambil keputusan, memecahkan masalah dan pembelajaran.
3. Linguistik Komputasional
Peran bahasa yang digunakan sebagai inter-face sangat penting agar user lebih mudah menggunakan sistem dan tidak terjadi kesalah-pahaman.
4. Psikologi
Dalam perancangan program harus diperhatikan
• Siapa target pengguna
• Bagaimana lingkungannya
• Bagaimana perilaku mereka secara umum sehingga hasil program lebih user friendly
5. Multimedia
Dengan multimedia tampilan dari suatu interaksi akan menjadi lebih menarik dan lebih mudah dimengerti oleh pengguna.
6. Antropologi
Faktor ini memberikan gambaran tentang cara kerja kelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai bidang masing-masing.
7. Ergonomik
Yaitu berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan ligkungan kerja nyaman.
8. Sosiologi
Pada IMK sosioloogi berhubungan dengan pengaruh sistem manusia komputer dalam struktur sosial
9. Teknik Penulisan
Suatu produk / program yang dibuat membutuhkan petunjuk manual agar orang yang belum biasa menggunakan produk tersebut bisa mempelajari lebih dahulu sehingga dapat terjadi interaksi yang baik antara orang itu dengan komputer.
10. Matematika
Pembuatan suatu produk atau software haruslah efisien dalam perhitungan matematika, Jika software bisa dijalankan oleh semua orang baik yang baru belajar maupun yang sudah pakar unsur kemudahan dalam segi hitungan matematika akan membuat software itu disukai oleh banyak orang.
11. Bisnis
Persaingan bisnis yang semakin ketat membuat produk yang lebih mudah digunakan.

NAMA: MUHAMMAD RIZKY RAMADHAN
JURUSAN: INFORMATIKA KOMPUTER
KAMPUS: MH.THAMRIN

Page 2

Interaksi Manusa dan Komputer adalah Hubungan antara manusia dan komputer dengan karakteristik tertentu guna mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sistem yang disebut Interface atau Antarmuka.

Pada dasarnya Interface adalah cara mendesain, menganalisa, mengevaluasi dan mengimplementasikan sistem komputer agar lebih mudah digunakan oleh manusia.

Interface itu sendiri terdiri dari 2 macam yaitu Command Line Interface (CLI) yakni Sistem interface berbasis teks perintah program, dan Graphic User Interface (GUI) yaitu Sistem interface yang digambarkan dengan grafis visual seperti tombol, icon, dan lain-lain.

Untuk CLI, sayangnya penggunaanya kurang diminati karena tampilannya hanya berupa teks saja dengan mayoritas background hitam. Dalam perintahnya, sedikit kesalahan penulisan coding dapat menyebabkan error. Maka dari itu CLI hanya diperuntukan bagi mereka yang sudah mengerti seluk beluk bahasa Pemrograman.

Baca Juga :

Berbeda dengan CLI, GUI merupakan Interface yang sangat interaktif dan menarik. Bentuk komunikasi dan dialog pada GUI di gambarkan dalam bentuk grafis sehingga memudahkan pengguna dan tidak membosankan. Contoh GUI bisa kamu lihat pada tampilan awal Windows atau program seperti Visual Basic, Delphi, atau Photoshop.

Tujuan Interaksi Manusia dan Komputer

Simpelnya Tujuan Interaksi manusia dan komputer adalah untuk menciptakan sistem yang ramah pengguna  (User Friendly) yang juga fungsional dan aman. Untuk mencapai tujuan ini, seorang developer harus dapat:

  • Berempati dengan para pengguna dan mengantisipasi bagaimana mereka akan menggunakan teknologi
  • Mengembangkan alat dan teknik untuk memungkinkan praktik terbaik dalam membangun sistem Interface yang memadai
  • Menghasilkan jenis interaksi yang efektif, efisien, dan aman

Baca Juga : Fungsi User Interface (UI) dalam membangun Desain yang Optimal

Bidang Yang Mempengaruhi Interaksi Manusia dan Komputer

Selain harus paham tentang ilmu komputer, untuk membangun sistem interface yang baik, Kamu juga perlu belajar bidang lain seperti :

  • Psikologi : Memahami perilaku, sifat, serta kebiasaan pengguna agar dapat menciptakan Interface yang User friendly atau ramah pengguna
  • Desain Grafis & Typography : Menggunakan gambar yang menarik sebagai platform dialog antara interaksi manusia dan komputer.
  • Ergonomik : Meliputi aspek fisik agar mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman ketika berinteraksi dengan komputer
  • Antropologi : Pandangan mendalam tentang cara kerja berkelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan memberikan kontribusi teknologi
  • Linguistik / Tata Bahasa : Menggunakan bahasa yang baik dan mudah dimengerti merupakan syarat utama dalam membangun interface yang mudah digunakan dan dimengerti
  • Sosiologi : Berkaitan erat dengan dampak sosial yang dipengaruhi sistem manusia dan komputer.

Software Pembangun Sistem Interface

Dalam membangun interaksi manusi dan komputer, kamu tentunya memerlukan bantuan software dalam proses desainnya agar lebih cepat dan tepat sasaran. Program desain yang kamu butuhkan antara lain seperti Visual Basic, Visual Pro, Delphi,  dan yang lainnya.

Baca Juga : 8 Contoh User Interface (UI) yang Ada di Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membangun Interface :

  • Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna komputer.
  • Inormasi tentang ragam dialog, struktur, isi tekstual dan grafis, tanggapan waktu, kecepatan tampilan.
  • Penggunaan prototipe yang disusun secara bersama-sama antara calon pengguna dan perancang sistem.
  • Teknik evaluasi dengan menggunakan uji coba sejumlah kasus, tanya jawab , survey offline / online, Interview, dan yang lainnya.

Faktor Manusia Yang Mempengaruhi Interface

Sistem komputer terdiri dari 3 aspek yaitu Hardware, Software, dan Brainware. Sedangkan untuk manusia, faktor yang mempengaruhi interface antara lain :

Penglihatan

  • Luminas : Banyaknya cahaya yang dipantulkan suatu objek
  • Kontras : Hubungan antara caha ya yang dihasilkan suatu objek dan latarnya
  • Tingkat Kecerahan (Brightness) : Seberapa cerah cahaya yang dipantulkan objek
  • Sudut dan Ketajaman Penglihatan : Sudut penglihatan minimum ketika mata masih dapat melihat sebuah obyek dengan jelas.
  • Medan Penglihatan : Sudut yang berhadapan oleh obyek  pada mata.
  • Warna : Keselarasan penggunaan warna

Baca Juga : CLI VS GUI : Mana yang Lebih Baik Menurutmu ?

Pendengaran

  • Kebanyakan manusia mendeteksi suara dalam frekuensi 20 Hertz-20 Khertz
  • Manusia juga mendengar suara antara 50 dB(decible)-70 DB
  • Telinga manusia akan rusak mendengar lebih dari 140 dB.
  • Manusia tidak mendengar frekuensi kurang dari 20 dB.

Sentuhan

  • Sentuhan merupakan sarana manusia untuk memfasilitasi.
  • Sebagai contoh dalam penggunaan keyboard dan mouse

Model Sistem Pengolahan

  • Model sistem pengolahan manusia terdiri dari pengolahan perseptual, pengolahan intelektual dan pengendalian motorik yang berinteraksi dengan memori manusia.
  • Model sistem komputer terdiri dari pengolah (Processor) dan memori. Interaksi keduanya melalui bus.

Berikutnya Baca : 8 Cara Mudah Membuat Wireframe

Sumber : medium.com

Video yang berhubungan

Postingan terbaru

LIHAT SEMUA