21 Nov 2013 in INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER, MATERI IMK
Prototipe merupakan suatu metode dalam pengembangan sistem yang menggunakan pendekatan untuk membuat sesuatu program dengan cepat dan bertahap sehingga segera dapat dievaluasi oleh pemakai. Prototipe mewakili model produk yang akan dibangun atau mensimulasikan struktur, fungsionalitas dan operasi sistem. Dalam pembuatan prototipe kita dapat menerapkan UCD (User Centered Design) yang cocok untuk user awam IT (Technology Information).
Tujuan prototipe yaitu :
Tahapan pembuatan prototype seperti pada gambar berikut : Keunggulan menggunakan prototipe yaitu :
Kelemahan prototipe yaitu :
Dimensi Prototyping 1. Penyajian
2. Lingkup
3. Executability (Dapat dijalankan)
4. Maturation Apakah tahapan-tahapan produk ini mengikuti?
Metode Prototyping Metode pembuatan prototipe dibedakan menjadi 2 yaitu : 1. Metode Non-Computer Metode ini biasanya dikerjakan lebih awal dalam proses pembuatan. Jenis metode non-computer yaitu :
Kapan storyboard ini digunakan?
2. Metode Computer-Based Metode ini biasanya dikerjakan kemudian. Sifat metode computer-based yaitu:
Terminologi Prototipe
Contoh low-fidelity prototyping:
Gambar High-Fidelity Prototyping Gambar Pemodelan Terminologi Prototype Prototyping Tools
|