Animasi Motion Tween 2. Pada menu Propeties tentukan size atau ukuran stage 550 x 200 pixel, warna Background Putih
dan jumlah Frame per detik 12.3. Ubahlah nama untuk Layer 1 dengan nama layer “Bola”.4. Seleksi drame 1 pada layer Bola 5. Dengan menggunakan Oval Tool buatlah lingkaran seperti pada latihan animasi frame by frame dan le takkan gambar bola di stage sebelah kiri. 6. Klik kanan frame 8 layer Bola dan pilih Insert Keyframe 7. Drag gambar bola yang berada di frame 8, geser ke sebelah kanan stage 8. Klik kanan di frame 1 dan 8, pilih Create Motion Tween 9. Keadaan frame setelah ditambah Motion Tween 10. Cek hasil Movie dengan menekan Ctrl + Enter Bandingkan dengan hasil animasi frame to frame. Dari segi hasil, tidak ada perbedaan, tetapi dari segi proses, penggunaan animasi dengan motion tween lebih mudah dan praktis karena kita hanya menentukan posisi awal dan posisi akhir dari objek yang akan digerakkan. Pengertian dan cara kerja animasi motion tween pada basic 2d 4.5 5 b Rabu, 15 Juni 2016 Animasi Motion
Tween 1. Pengertian Tweening Tweening adalah proses membuat sebuah animasi pergerakan dengan cara memberikan perubahan pada ... ilmunesia.com – Kita
bisa membuat animasi dasar dengan menggunakan fitur Classic Tween yang disediakan Oleh Flash. Kali ini saya menggunakan Adobe Flash CS 6. Untuk membuat Animasi dasar menggunakan Classic Tween Ikuti langkah langkah sebgai berikut. Langkah-langkah
1. Pengertian TweeningTweening adalah proses membuat sebuah animasi pergerakan dengan cara memberikan perubahan pada bentuk atau posisi objek dengan menentukan keyframe awal dan akhir sehingga dapat terbentuk frame-frame baru. Fungs utama tweening adalah untuk menggerakkan objek dari satu titik ke titik lainnya. Animasi motion tween digunakan apabila kita ingin membuat gerakan animasi yang teratur. Animasi ini sangat mengurangi waktu
karena kita tidak perlu membuat animasi secara frame per frame. Sebaliknya hanya membuat frame awal dan frame akhir saja. Dua alasan utama mengapa Animasi motion tween sangat baik yaitu karena mengurangi pekerjaan mengambar dan meminimalkan ukuran file karena isi dari setiap frame tidak perlu disimpan.2. Cara Kerja TweeningCara kerja tweening adalah dengan cara menentukan dua poin keadaan pada objek awal dan akhir, sedangkan macromedia flash membuat rangkaian gerakan diantaranya. Animasi yang
dihasilkan menggunakan metode ini adalah gerakan yang halus, perubahan letak, ukuran, rotasi, bentuk maupun warna.Prinsip kerja dari animasi motion tween adalah membuat objek pada frame pertama dan terakhir saja, sedangkan frame-frame diantaranya akan dibuat secara otomatis. Objek yang dapat diaplikasikan dalam motion tween adalah objek instance (simbol), group dan teks. Animasi motion tween biasa digunakan untuk membuat animasi objek bergerak, berputar, dan mengubah ukuran (skalaUntuk
menggerakkan animasi berupa obyek yang bergerak , langkah tercepat yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Motion Tween. Dengan menggunakan Motion Tween, kita hanya menentukan posisi pertama dan posisi terkahir obyek dan selanjutnya kita gerakan dengan Motion Tween. Langkahlangkah membuat animasi tweening sederhana :1. Buka halaman baru File > New > File Flash > OKSeleksi Drame 1 pada Layer bola
Menggambar menggunakan Oval Tool
Frame 8 layer bola
Bola yang berada di frame 8, geser ke kanan stage
Create Motion Tween
Motion Tween
Hasil Movie Tween
Sumber : //wildanjisung.blogspot.com/2014/04/cara-membuat-classic-tween-dengan-adobe.html
Nirmana
Pengertian nirmana dan elemen-elemen dasar penyusun nirmana
Grafis
Membuat efek tekstur untuk desain uang kertas
Grafis
Prinsip desain dan contoh poster ilmiah untuk PIMNAS
Grafis
Prinsip dasar desain poster ilmiah / Poster Riset
Presentasi
Cara membuat konten presentasi yang baik dan efektif
Animasi
Tutorial Animasi Flash dengan teknik motion tween
Animasi
Penambahan ease (percepatan atau perlambatan) pada animasi
Animasi
Penambahan rotasi pada animasi motion
Animasi
Membuat animasi dengan gerakan mengikuti pola
Animasi
Membuat animasi movieclip mobil bergerak melintasi bukit
Animasi
Membuat animasi roller coaster dengan menggunakan teknik graphic
Reprografis
Cara menyablon (cetak - saring) dan standart peralatan
Game
Penggunaan animasi di dalam game, dan game sebagai viral marketing animasi
Game
Potensi game mobile dan strategi mengembangkan mobile games
Game
Breakdown proses pembuatan game, tahapan-tahapan mendesain game
Materi Selengkapnya
Flash (Adobe Flash atau Macromedia Flash) memiliki kemampuan/fitur yang dapat kita gunakan untuk membuat sebuah animasi sederhana. Dalam Flash kita bisa membedakan jenis animasi berdasarkan tekniknya menjadi 3, yaitu :
- Animasi Frame by Frame yaitu animasi dengan menggunakan beberapa gambar yang berurutan (sequence), sebagai contoh animasi klasik menggunakan teknik ini. Frame by Frame animation digunakan untuk menampilkan animasi yang mengalami perubahan bentuk seperti animasi karakter melakukan gerak tubuh, animasi perubahan bentuk secara dinamis seperti efek gerakan air, api, ledakan dan sebagainya.
- Animasi Motion Tween yaitu animasi dengan menggunakan dua buah keyframe dengan menggerakkan 1 objek dari titik satu ke titik lain, tanpa mengalami perubahan bentuk. Misal kita ingin menganimasikan mobil bergerak dari kiri ke kanan layar.
- Animasi Motion Guide yaitu animasi motion tween yang menggunakan lintasan (guide) sehingga perubahan gerak dapat diatur sedemikian rupa sesuai dengan lintasan yang diinginkan. Misal kita ingin membuat animasi daun yang jatuh dari pohon dan tertiup angin, animasi mobil berjalan disebuah bukit yang tidak rata dan sebagainya
Dengan menggunakan beberapa jenis animasi tersebut, kita dapat memanfaatkan software Flash untuk mengerjakan animasi 2 dimensi untuk film, game, web dan multimedia. Pada tutorial ini akan dibahas tentang teknik animasi dengan menggunakan Flash mulai dengan animasi motion tween.
Sebelum membuat animasi motion tween dengan Flash, pastikan terlebih dahulu anda mengenal tentang software Adobe Flash, Fitur-fitur yang dimiliki, dan istilah-istilah terkait seperti keyframe, blank keyframe, frame, timeline, symbol, library, properties, frame rate, drawing tool dsb. Pada tutorial ini akan dijelaskan cara membuat animasi bola yang bergerak dari kiri ke kanan, sebagai berikut:
- Buatlah sebuah project baru dengan memilih menu File > New Pilih opsi Action Script 3
- Selanjutnya buka panel properties (biasanya terdapat di bawah (CS3) dan di samping kanan (CS 4+), Kemudian pastikan kolong Frame rate terisi dengan 30. 30
adalah standart frame rate untuk animasi 2D dan 45 - 60 untuk animasi 3D.
- Dengan menggunakan Oval Tool buatlah sebuah lingkaran, dengan cara drag and release pada Stage. Perlu diketahui bahwa Flash
adalah program berbasis vector. Setiap objek gambar memiliki 2 penyusun yaitu outline/stroke (garis tepi) dan fill (isian). Anda dapat merubah warna, ukuran dan posisi objek gambar dengan menggunakan panel properties.
- Selanjutnya seleksi linkaran yang anda buat (stroke dan fill nya), kemudian pilih menu Modify > Convert to Symbol atau menekan tombol F8.
Kemudian anda ketikan bola pada kolom Name dan pilih Movieclip pada opsi Type. Lihat gambar!
- Selanjutnya seleksi lingkaran yang anda
buat (stroke dan fill nya), kemudian pilih menu Modify > Convert to Symbol atau menekan tombol F8. Kemudian anda ketikan bola pada kolom Name dan pilih Movieclip pada opsi Type. Lihat gambar!
- Klik kanan Frame 60 pada timeline kemudian pilih Insert
Keyframe. Keyframe adalah sebuah frame khusus yang digunakan sebagai titik penentu gerakan animasi. Pemilihan frame ke 60 dimaksudkan untuk membuat animasi sepanjang 2 detik (30 fps = 1 detik menggunakan timeline sepanjang 30 frame).
- Selanjutnya geser posisi bola yang berada di Frame 60 seperti di gambar. Jadi di frame 1 bola berada di posisi sebelah kiri stage dan di frame 2
berada di kanan.
- Klik kanan Frame 25 pada timeline kemudian pilih Create Motion Tween untuk CS3 ke bawah atau Create Classic
Tween untuk CS4 ke atas. Maka timeline akan berubah menjadiberwarna biru dan bergaris. Frame 25 adalah frame diantara 2 keyframe (frame 1 dan frame 60). Anda bebas memilih frame berapapun selama itu berada diantara 2 keyframe yang akan diberikan animasi tween.
- Simpan project, kemudian jalankan animasi dengan menekan tombol Ctrl+Enter Maka akan terbentuk sebuah file animasi bertipe SWF dimana bola bergerak
dari kiri ke kanan selama 2 detik dan looping secara terus menerus.
Output
Prinsip Animasi Tween dalam Flash
- Objek harus di convert menjadi symbol jika tidak flash secara otomatis akan mengkonvert objek dengan nama otomatis, yang akan mempersulit kita ketika sudah memiliki banyak objek untuk dianimasikan.
- Satu keyframe khusus untuk satu symbol dalam animasi tween, 1 keyframe hanya boleh ditempati 1 buah symbol. Apabila terdapat 2 objek atau lebih maka garis putus-putus pada timeline akan muncul dan animasi tween tidak akan terbentuk sempurna. Gunakan beberapa layer untuk menganimasikan beberapa objek sekaligus
- Minimal harus memiliki 2 keyframe animasi motion-tween selalu membutuhkan keyframe awal dan keyframe akhir.
File Sumber
download
untuk pertanyaan lebih baik di email langsung ke wandah [at] wandah [dot] com agar cepat direspon