Teater tradisional dari jawa timur yang pemeran perempuannya dimainkan oleh laki-laki adalah

Seperti halnya ketoprak dari Jawa Tengah, ludruk dari Jawa Timur juga merupakan pertunjukan yang menghibur Tidak hanya bahasa verbal, guyonan dalam ludruk pun disampaikan melalui gerak - sehingga bisa dimengerti oleh masyarakat luas Tidak hanya pandai melucu, pemain ludruk pun harus memiliki kemampuan menyanyi dan menari Kartolo, seorang seniman ludruk yang sangat terkenal. Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur, ini sudah puluhan tahun menggeluti ludruk Salah satu perbedaan ludruk dengan ketoprak adalah cerita. Ludruk mengangkat kisah sehari-hari sementara ketoprak mengangkat kisah sejarah Tari remo akan menjadi pembuka pertunjukan ludruk. Tari remo ini hanya dibawakan oleh seorang penari Walau menceritakan kisah sehari-hari, set panggung dalam pertunjukan ludruk terlihat sederhana - terkadang ada bagian yang tanpa menggunakan set Pertunjukan ludruk biasa mengangkat tema kehidupan sehari-hari dan kisah perjuangan Karena tidak mengenal naskah layaknya pertunjukan modern, kemampuan improvisasi para pemain ludruk sangat penting Pertunjukan ludruk akan diiringi oleh pemain musik dan penyanyi. Sering kali para pemain akan berinteraksi dengan kelompok musik ini

KISAH yang diangkat merupakan cerita sehari-hari yang dekat dengan kehidupan masyarakat. Bahasanya mudah dimengerti, bahkan diselingi guyonan dan gerak yang bisa membuat penonton terpingkal-pingkal.

Ludruk merupakan kesenian teater rakyat Jawa Timur yang berasal dari kalangan rakyat jelata. Di Surabaya ludruk masih kerap dipentaskan, bertahan meski hanya dimainkan oleh beberapa puluh orang.

Ludruk merupakan salah satu jenis teater tradisi. Artinya ludruk tumbuh dari ekspresi rakyat kebanyakan. Tema-tema ceritanya muncul dari permasalahan keseharian rakyat. Dipentaskan dengan bahasa sehari-hari yang digunakan masyarakat kalangan bawah. Karena itu pula ludruk dinilai sebagai teater rakyat.

Dalam pertunjukan ludruk biasanya terdapat unsur tari remo, dagelan, selingan, dan cerita (lakon). James L. Peacock dalam Ritus Modernisasi: Aspek Sosial & Simbolik Teater Rakyat Indonesia, menulis bahwa isi dari tarian remo, dagelan, selingan, dan cerita bervariasi dari satu pertunjukan ke pertunjukan lain, serta isi dan elemen-elemen lain bervariasi secara hampir bebas dari isi dari elemen-elemen lain.

“Sebuah rombongan ludruk katakan saja biasa menampilkan enam dagelan yang berbeda, enam cerita yang berbeda, dan tiga jenis ngremo selama 20 pertunjukannya berturut-turut,” tulis Peacock.

Tak ada pakem yang pasti terhadap pertunjukan ludruk, seperti jumlah pemain dan jumlah babak. Para pemain ludruk dituntut berimprovisasi dan mengembangkan jalan cerita yang sudah dibuat terlebih dahulu.

Ludruk mulai dikenal pada abad ke-12. Saat itu namanya Ludruk Bandhan. “Ludruk Bandhan ini mempertunjukkan sejenis pameran kekuatan dan kekebalan yang bersifat magis dengan menitikberatkan pada kekuatan batin,” catat Sunaryo H.S. dkk dalam Perkembangan Ludruk di Jawa Timur: Kajian Analisis Wacana

Ludruk Bandhan biasanya tampil di tanah lapang. Alat musik pengiringnya antara lain kendang dan jidor. “Pertunjukan ini seringkali digunakan sebagai pengobatan anak yang sedang sakit,” ungkap Ayu Sutarto dalam makalah seminar berjudul “Reog dan Ludruk: Dua Pusaka Budaya Dari Jawa Timur Yang Masih Bertahan”.

Kemudian Ludruk Bandhan berkembang menjadi Lerok Pak Santik selama abad ke-17 sampai 18. Lerok berasal dari kata “lira”, yaitu alat musik petik seperti kecapi. Alat ini digunakan selama pertunjukan.

Pak Santik, seorang petani dari Jombang, Jawa Timur, adalah tokoh yang memperbaharui kesenian ludruk. Selama pertunjukan, dia memakai riasan muka dan ikat kepala. Dadanya dibiarkan tanpa kain penutup. Celananya menjuntai hingga atas mata kaki dan berwarna hitam. Dia juga menyampirkan selendang yang disebut sampur.

Dalam pertunjukan, Pak Santik menari (ngremo) sembari berbicara sendiri mengungkapkan isi hatinya (kidungan). Dia mahir memakai mulut untuk menyuarakan bebunyian yang menyerupai alat musik. Kakinya seringkali menghentak-hentak tanah lapang sehingga menimbulkan bunyi gedrak-gedruk. Dari sinilah kemungkinan asal kata ludruk.

Pak Santik biasanya tampil atau nanggap dalam pesta pernikahan, sunatan, dan kelahiran di kampung-kampung. Karena kelimpahan order, dia mengajak teman-teman untuk membantunya. Semuanya laki-laki.

Teman-teman Pak Santik berperan sebagai pelawak (badhut) dan perempuan (teledhek). Pak Santik tak lagi berbicara sendiri. Mulai ada unsur dialog dan cerita (lakon) dalam ludruk. Mereka tak hanya mengandalkan mulut sebagai pelempar guyonan, tapi juga bahasa tubuh. Pertunjukan semacam ini diikuti seniman lain dan berkembang di Surabaya, Malang, dan Mojokerto.

Ludruk kemudian identik dengan guyonan. Awalnya lebih banyak memainkan dagelan slapstick (lawak kasar fisik). Namun, setelah muncul ludruk Cak Gondo Durasim pada 1920-an, banyak perubahan dalam konsep dagelan. Ludruk lebih cenderung ke lawak halus, dengan permainan kata-kata dan sindiran sosial-politik.

Cak Durasim adalah sosok yang melegenda di dunia kesenian ludruk. Pemimpin kelompok Ludruk Genteng, yang lebih dikenal dengan nama Ludruk Gondo, ini melakukan pembaruan terhadap kesenian ludruk. James L. Peacock menyebut sebuah deskripsi mengenai ludruk yang diterbitkan tahun 1930 melaporkan bahwa Durasim baru saja mengorganisir sebuah “jenis ludruk baru”.

Cak Durasim juga memanfaatkan pertunjukan rakyat ini untuk menyampaikan ide-ide nasionalisme dan perlawanan. Pada masa Jepang, meski dalam kontrol ketat, Cak Durasim menciptakan kidungan yang legendaris: “Pegupon omahe doro, melok Nipon tambah soro.” Artinya, “pegupon rumah burung dara, ikut Nipon tambah sengsara.”

“Sebagai akibatnya, menurut satu cerita, dia disiksa oleh tentara Jepang dan kemudian meninggal dunia pada tahun 1944,” sebut Peacock.

Semangat Cak Gondo Durasim dilanjutkan oleh Wibowo atau Cak Gondo bersama Ludruk Marhaen yang terkenal pada era 1950-an hingga 1965 dengan semangat revolusionernya.

Sempat redup di awal Orde Baru, sejumlah seniman ludruk muncul ke permukaan dan meraih popularitas. Salah satunya Kartolo Cs, yang bukan hanya sukses dalam setiap pertunjukan tapi juga kaset rekaman yang diterima baik oleh masyarakat.

Fuji Rahayu dalam penelitiannya berjudul “Perkembangan Seni Pertunjukan Ludruk di Surabaya tahun 1980-1995 (Tinjauan Historis Grup Kartolo CS)” dimuat jurnal Avatara, Vol. 2, No. 2, Juni 2014, menyebut kreativitas Kartolo dan kawan-kawan menampilkan lawak bergaya ludrukan mampu mengangkat kembali pamor ludruk yang sempat redup.

“Kartolo mengedepankan lawak dengan gaya ludrukan, daripada menampilkan ludruk secara utuh. Hal ini disebabkan karena ludruk sudah tidak lagi sesuai dengan perkembangan zaman,” catat Fuji Rahayu.

Hingga saat ini ludruk bisa bertahan karena lakon-lakon yang dipentaskan sangat aktual dan akrab dengan budaya setempat. Tentu saja disampaikan dengan bahasa yang komunikatif dan disertai lawakan yang menghibur.*

Selain Ludruk dan Ketoprak, Wayang Orang juga merupakan seni teater tradisional Indonesia © Materi Tertulis

Kekayaan Indonesia memanglah tidak ada habisnya, selain kaya akan keindahan alamnya, Indonesia juga kaya akan ragam keseniannya. Salah satu seni yang dimiliki Indonesia adalah seni pertunjukkan Ludruk dan Ketoprak. Seurpa namun, tak sama, adalah ungkapan yang tepat untuk kedua pertunjukkan tersebut. Banyak orang yang belum bisa membedakan antara mana pertunjukan Ludruk dan mana pertunjukan Ketoprak. Nah, di bawah ini adalah penjelasan singkat tentang kedua pertunjukan tersebut serta beberapa aspek yang membedakan antara Ludruk dan Ketoprak.

Ludruk merupakan salah satu bentuk kesenian tradisional dalam bentuk pertunjukan drama yang berasal dari Jawa Timur. Petunjukan Ludruk biasanya di awali dengan pembukaan berupa pertunjukan Tari Remo atau Ngremo, atraksi bedayan yang berjoget ringan sembari menyanyikan kidung, adegan lawakan atau dagelan dan pertunjukkan utama berupa pementasan cerita oleh para lakon atau para aktor. Pertunjukan Ludruk biasanya dibagi menjadi beberapa babak, setiap babak dibagi menjadi beberapa adegan dan di sela-sela adegan seringkali diselingi dengan seorang yang menyanyikan satu tembang.

Teater tradisional dari jawa timur yang pemeran perempuannya dimainkan oleh laki-laki adalah

Teater tradisional dari jawa timur yang pemeran perempuannya dimainkan oleh laki-laki adalah

Ludruk dengan tema "Melawan Jepang" | Foto : Koran TEMPO

Cerita yang dipentaskan saat pertunjukan Ludruk adalah cerita yang berisi tentang kehidupan sehari-sehari, cerita perjuangan dan cerita lainnya yang bersifat nyata dengan diiringi musik dari gamelan. Bahasa yang digunakan saat pertunjukan Ludruk adalah menggunakan bahasa Jawa Suroboyo-an yang ringan sehingga dapat mudah ditangkap dan dikemas dengan lawakan atau dagelan sehingga pertunjukan Ludruk bersifat menghibur penonton. Meskipun kini mulai redup, beberapa kelompok Ludruk masih tetap eksis dan rutin manggung di berbagai daerah, contohnya adalah kelompok Ludruk Cak Durasim dari Surabaya.

Selain Ludruk, salah satu seni teater tradisional lainnya adalah Ketoprak. Jika, Ludruk merupakan seni pertunjukan drama yang berasal dari wilayah Jawa Timur, maka Ketoprak merupakan seni pertunjukan drama yang berasal dari Jawa Tengah tepatnya di Surakarta. Cerita-cerita yang dibawakan saat pertunjukan Ketoprak biasanya berupa cerita legenda dan epos Ramayana yang tujuannya tidak hanya sebagai pertunjukan hiburan, namun juga sebagai penyampai pesan moral kepada masyarakat. Bahasa yang digunakan untuk pertunjukan Ketoprak adalah bahasa Jawa dengan menerapkan unggah-ungguh boso atau tingkatan penggunaan bahasa sesuai dengan kedudukan, seperti bahasa Ngoko Lugu dan Krama Inggil.

Teater tradisional dari jawa timur yang pemeran perempuannya dimainkan oleh laki-laki adalah

Ketoprak | Foto : Senipedia.id

Pertunjukan Ketoprak juga memiliki beberapa babak atau sesi yang mana ada salah satu sesi di mana penampilan para lakon mementaskan cerita tidak memiliki hubungan dengan cerita yang dibawakan sebelumnya. Sesi ini disebut sebagai sesi hiburan, atau bisa dikatakan seperti iklan. Sama halnya dengan Ludruk, seni teater tradisional asal Surakarta ini juga menggunakan gamelan untuk mengiringi pembawaan cerita. Salah satu kelompok Ketoprak yang kini masih eksis adalah Ketoprak Tobong Kelana Bhakti Budaya dari Jogjakarta.

Semoga, kesenian tradisional baik dari seni teater, tarian maupun nyanyian, tidak tenggelam di telan perkembangan jaman yang serba digital. Melainkan, kemudahan teknologi masa kini dapat turut menghidupkan dan mendayagunakan kesenian tradisional agar semakin dicintai oleh masyarakat.