Animasi Komputer - Di pembahasan kali ini, saya tidak lagi membuat tutorial nih seperti sebelumnya. Topik kali ini kita membahas tentang Animasi Komputer,Sejarahnya,Prinsip kerja,Cara pembuatan, dll. Bagi kalian yang belajar animasi tentunya harus tahu dulu sejarah animasi itu sendiri, arti kata animasi dan sampai jenis jenis animasi itu sendiri. Lalu tunggu apa lagi untuk mengetahui itu semua?Simak penjelasannya berikut.
Animasi Komputer adalah seni dan proses menghasilkan gambar bergerak dengan penggunaan komputer. Animasi Komputer merupakan bagian dari bidang komputer grafik dan animasi. Sesuai dengan namanya, animasi komputer secara keseluruhan dikerjakan oleh bantuan mesin komputer. Dari pembuatan karakter,mengatur gerakan pemain dan kamera,pemberian suara, serta special effeknya seperti film film layar lebar seperti Iron Man, semuanya di kerjakan dengan bantuan mesin komputer. Pada tahun 1940-an dan 1950-an, eksperimen yang dilakukan oleh John Whitney dalam komputer grafis sudah dimulai sampain 1960-an, John Whitney juga dianggap sebagai salah satu Bapak Animasi Komputer. Awalnya penggunaan untuk kepentingan ilmiah, teknik dan tujuan penelitian lainnya, pada pertengahan 1960-an eksperimen artistik mulai membuat tampilan, pada pertengahan 1970-an banyak komputer grafis yang melibatkan pencitraan 2 dimensi. Pada akhir 1980-an foto realistis mulai muncul dalam film film layar lebar, dan pada pertengahan 1990-an animasi telah dikembangkan sedimikian rupa hingga ke titik dimana animasi 3 dimensi dapat digunakan untuk seluruh produksi film hingga sekarang ini. Baca Juga : Cara Membuat Gelas 3D Menggunakan Software Blender Animasi komputer menggunakan proses yang dikenal sebagain tweening, tweening adalah proses membuat animasi bergerak yang memberi perubahan pada objek di setiap keyframe awal dan akhir sehingga memberikan frame frame baru yang nantinya akan menjadi sebuah animasi. Proses tweening ini untuk mengurangi perkerjaan menggambar ratusan frame yang terlihat, seorang animator komputer menggambarkan frame dan menguploadnya ke dalam, dimana program tersebut untuk mengisi frame di antara(in between) yang biasa di kenal dengan interpolation, hasil dari interpolasi ini tidak selalu sesuai dengan apa yang animator inginkan. Program ini menggunakan algoritma yang canggih untuk menghitung berapa obyek terlihat ketika bergerak, ini adalah proses rumit yang membutuhkan waktu untuk menguasainya. Cara kerja animasi komputer dimulai dari pra-produksi - produksi - post produksi, yang dimana pra produksi biasanya para animator membuat konsep, skenario, pembentukan karakter, storyboard, musik, dll. Untuk produksi dimana animator membuat semua yang sudah di rencanakan di pra produksi seperti layout, key motion, pewarnaan, scanning,dll. Di proses terakhir ini animator diminta untuk menyelesaikan karya nya / animasinya seperti editing, rendering, disini rendering bisa di jadikan berbagai media seperti DVD,VCD, CD, dll. Metode ini mengandalkan kemampuan sang animator dalam membuat animasi, metode ini merupakan metode yang mengandalkan imajinasi sang animator yang merekayasa animasinya seolah olah itu nyata. Biasanya digunakan untuk animasi bergenre kartun seperti Cars, Finding Nemo dll. Metode ini menggunakan bantuan karakter alinya dan dipindahkan gerakannya dengan alat motion capture ini, metode ini akan membuat gerakan yang sama dengan aslinya, hanya saja diberi tambahan spesial efek. Misalnya pada film Lord Of The Ring. metode kali ini membutuhkan perhitungan fisika pada objek yang akan di animasikan dan disimulasikan secara realtime. Sebelum objek di animasikan sang animator perlu menghitung misalnya berat massa benda, gaya gravitasi, benturan, kekuatan angin,dll. Contoh animasi menggunakan metode dynamic simulation seperti percikan air, benda hancur, rambut,dll. Animasi Komputer dibagi menjadi 2 yaitu Animasi 2 dimensi dan 3 dimensi, berikut ini penjelasan nya a. Animasi 2 Dimensi dibuat dan diedit menggunakan bitmap 2D untuk menggunakan vektor 2D. Teknik ini meliputi versi komputer dari tweening, morphing, onion skinning, dan rotoscope terinterolasi.
b. Animasi 3 Dimensi dibuat di komputer menggunakan polygon. Demi memungkinkan meshes ini bergerak diberikan rangka digital. Proses ini disebut rigging. Teknik lain juga dapat diaplikasikan, seperti fungsi matematika, bulu atau rambut simulasi,dll. Contoh: Shrek dan The Wild. PenutupItu saja yang bisa saya sharing, mohon maaf jika ada salah dalam penulisan, tutur kata, dan lain sebagainya, terimakasih sudah berkunjung di blog saya, semoga ilmu kali ini bermanfaat ya..Page 2
Giantfahri.com adalah seorang mahasiswa yang hobby membuat tutorial dan mengotak atik tentang dunia online, dia juga senang sekali bermain game dan susah sekali untuk keluar rumah, paling-paling keluar rumah kalo mau ngampus aja hehe. Dia itu bisa di bilang orang yang pendiem, saking pendiem nya dia sampai jarang ngobrol di kelas. Selain itu, dia gak terlalu lucu orangnya malah dia bisa dibilang orang paling garing deh. Lawakan nya gak ada yang bisa buat orang ketawa hehe, gak doyan makan juga dll deh. Oiya kalau kalian mau kritik dan saran boleh banget ko, biar blog ini bisa maju dari hari sebelumnya. Mudah-mudahan dengan blog yang saya buat dan artikel-artikel yang saya posting bisa bermanfaat bagi kalian semua yah. Karena sebaik baiknya orang adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain Terimakasih Giantfahri.com
PENGERTIAN ANIMASI KOMPUTER
SEJARAH ANIMASI KOMPUTER Kemudian pada tahun 1978, George Lucas merekrut Catmul dari NYIT umtuk menciptakan Lucas Film Computer Development Divison, dan mengadakan riset perihal pengaplikasian teknologi digital kepada feature film, Dilanjutkan dengan pengerjaan flying logo dan broadcast graphic oleh studio-studio computer graphic untuk beberapa perusahaan dan program televisi ternama mirip National Football League, The NBC dan ABC World News Tonight. Beberapa acuan film animasi yang menggunakan komputer animasi ini mirip Beast Ware, The Simpson, Toy Story, Final Fantasy-Spirit Within, Matrix (revolution), Bug’s Life, Vaggie Tales, Monster Ink, dan Shrek PRINSIP KERJA ANIMASI KOMPUTER Prinsip/Cara kerja animasi computer mulai dari : Pra-produksi (Konsep, Skenario, Pembentukan abjad, Storyboard, Dubbing awal, Musik dan sound FX), Produksi (Lay out, Key motion, In Between, Background, Scanning, Coloring). Post-produksi (Composite, Editing, Rendering, Pemindahan film kedalam berbagai media berupa VCD, DVD, VHS dan yang lain) Dikerjakan/digarap seorang animator dengan banyak bantuan komputer, teknik cell animasi diadopsi dalam animasi komputer, kertas gambar dalam pembuatan sebelumnya di acara menjadi frame komputer, jadi yang semula kumpulan gambar menjadi kumpulan frame dan dibuat di dalam satu layer atau beberapa layer. Perbedaan animasi tradisional dan animasi komputer :
Makara , perbedaan keduanya sudah terperinci tampakpada proses pengerjaan gambar dan pergerakan animasinya, ialah :
TEKNIK PEMBUATAN ANIMASI KOMPUTER
METODE YANG DIGUNAKAN DALAM MEMBUAT ANIMASI KOMPUTER
TIPE DAN JENIS ANIMASI KOMPUTER Tipe animasi komputer dibedakan menjadi dua yakni:
Jenis Animasi Komputer Meliputi :
PERKEMBANGAN ANIMASI KOMPUTER Kalau dibandingkan, sedikit sekali tokoh-tokoh film layar lebar yang bisa bertahan sekian lamanya. Pembuatan animasi film kartun itu sendiri pada mulanya dijalankan dengan menciptakan denah gambar yang digerakkan satu demi satu. Untuk membuat satu durasi animasi memerlukan jumlah gambar yang cukup banyak. Sejak ditemukannya teknik animasi sel, maka pembuatannya menjadi lebih mudah. Kertas gambar yang biasa dipergunakan diganti dengan kertas transparan yang yang dibuat dari materi celluloid sheet. Teknik animasi sel inilah yang kemudian diadopsi dalam animasi komputer. Kertas gambar dalam pengerjaan animasi sebelumnya kemudian diprogram menjadi frame di komputer. Sehingga yang semula berupa kumpulan gambar-gambar maka di komputer hal tersebut sudah ialah kumpulan dari frame-frame yang tersusun dalam suatu alur waktu. Adanya pergeseran pergerakan suatu objek yang dianimasi oleh komputer mampu dibuat menjadi suatu keyframe. Sehingga menjadi jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan animasi yang dilakukan manual. Di tahun-tahun mendatang, dunia animasi diprediksikan akan lebih gemerlap lagi. Sebagai contoh dengan dirilisnya software eye matic face station. Dengan pemberian software animasi berbasis 3D ini maka sutradara tidak perlu lagi menghadirkan seorang aktris atau aktor yang bayarannya mahal dalam pembuatan film. Cukup dengan mempunyai foto tampak samping dan terlihat depan maka tampang artis tadi dapat dimodel seperti dengan aslinya, dalam bentuk tiga dimensi tentunya. Dengan program combustion yang merupakan plug in software 3D Studio Max maka pengerjaan efek transisi yang dipergunakan dalam perubahan antarsekuel film di satu segi menjadi lebih mudah dan lebih menawan. Sehingga semakin luas pula lahan pekerjaan yang disediakan dan menjadi tantangan bagi komunitas animator Indonesia. KEGUNAAN ANIMASI KOMPUTER Kegunaan dari animasi komputer pada masa ini sungguh banyak. Animasi komputer mendukung dalam kemajuan banyak industri, tidak menentu cuma pada bidang acara komputer atau siaran televisi saja tetapi pada hampir seluruh bidang sepertipengaplikasian pada bidang pendidikan, rekayasa, bikinan film, simulasi penerbangan, forensik, medis, militer, visual bercorak ilmiah, simulasi, penjelajahan ruang angkasa , dan bikinan video. Setelah kesesuaian diadaptasikan ke dalam berbagai bidang, maka tidak mustahil peggunaannya akan diperluas lagi dalam bidang-bidang yang baru. Dibidang pertelevisianlah animasi komputer paling banyak dipakai. Animasi komputer dibentuk untuk periklanan dalam televisi, atau selaku program animasi sehari-hari. Namun dibidang pendidikan, penggunaan animasi komputer juga tidak kalah digunakan, animasi komputer digunakan untuk perkembangan dalam pendidikan dengan memakai tata cara audio visual, selain itu dengan menggunakan animasi komputer yang banyak disenangi bawah umur ini, menciptakan proses berguru jauh lebih menawan dan lebih gampang dipahami.
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!! |