Elemen-elemen yang menjadi konsentrasi utama pada grafika komputer adalah

Halaman 1 dari 4 ` SOAL PILIHAN BERGANDA Jawaban -soal pilihan berganda bisa lebih dari satu atau tidak ada sama sekali !!! 1. Elemen-elemen yang menjadi konsentrasi utama pada grafika komputer adalah a. Modeling b. Rendering c. Morphing d. Animation e. Transformation 2. Teknik grafika komputer yang membuat dan merepresentasikan geometri objek tiga dimensi disebut a. Pengolahan citra b. Pemodelan c. Animasi d. Presentasi e. Variasi 3. Bentuk grafis paling sederhana dari model disebut dengan a. Wireless b. Binary Image c. Wireframe d. Gambar Dijital e. Mainframe 4. Bidang-bidang ilmu lain yang sangat relevan dan erat terkait dengan grafika komputer adalah a. Kedokteran b. Seni c. Suara/sound d. Pengolahan Citra e. Visi Komputer 5. Dilihat dari teknologi alat output, urutan teknologi yang menunjukkan kualitas pencetakan yang semakin baik adalah a. Dot Matrix b. Inkjet /Bubblejet c. Scanner d. Digitizer e. Laser 6. Gambar di bawah ini disebut dengan gambar atau model a. Sederhana b. Wireless c. Monochrome d. Wi-Fi e. Wimode 7. Warna RGB yang muncul pada layar komputer dipancarkan dari a. Electron Gun b. Tube c. Machine Gun d. Phosphor e. Tabung LCD 8. Perangkat lunak grafis terkenal yang menggunakan format gambar vektor adalah a. Autocad b. Coreldraw c. 3D Studio Max d. PaintBrush e. Microsoft Paint 9. Algoritma-algorima persamaan garis dan lingkaran yang dikenal adalah a. DDA b. Line Drawing c. Midpoint Algorithm d. Image Drawing e. Bresenham 10. Jika digunakan algoritma DDA, salah satu titik yang TIDAK dilalui oleh garis antara 1,1 ke 4,6 adalah a. 1,1 b. 2,2 c. 3,3 d. 3, 5 e. 4,6 11. Teknik untuk ‘menghilangkan’ efek jaggy adalah a. Anti jaggy b. Straightforward c. Anti Aliasing Gambar di bawah ini untuk nomor soal 12, 13 dan 14 d. Pixel phasing e. Semua salah 12 14 13 12. a. Horizontal retrace b. Scan line c. Vertical retrace d. Resolution e. Monitor 13. a. Horizontal retrace b. Scan line c. Vertical retrace d. Resolution e. Monitor 14. a. Horizontal retrace b. Scan line c. Vertical retrace d. Resolution e. Monitor Halaman 2 dari 4 15. Jenis citra pada gambar sepeda di sebelah kanan adalah a. Raster b. Citra RGB c. Vektor d. Zoom-in e. Zoom-out 16. Istilah grafika komputer (computer graphics) diungkapkan pada tahun 1960 oleh a. Stalling b. Apache c. Fetter d. Apostol e. Knuth 17. Matriks Transformasi Umum untuk rotasi sebesar θ° CCW dengan pusat origin adalah  cos  sin    cos sin   cos  sin    cos sin    cos  sin   a.   b.   c.   d.   e.     sin  cos   sin  cos    sin  cos     sin  sin     sin  cos  18. Jika sebuah segitiga ABC dengan koordinat {(4,1), (5,2), (4,3)} direfleksikan pada sumbu x, kemudian direfleksikan pada garis y = –x, maka hasilnya adalah segitiga A+B+C+ dengan koordinat a. {(4,-1), (5,-2), (4,-3)} b.{(1,-4), (2,-5), (3,-4)} c. {(4,-1),(5,2), (4,-3)} d. {(1,4), (2,-5), (4,-3)} e. Semua jawaban tidak ada yang benar X Y 19. Kotak X dan Y pada gambar disebelah kiri adalah a. Viewport dan Window b. Window dan Crop c. Window dan ViewMask d. Cliiping dan Windowing e. Semua jawaban salah Soal untuk no 20 s/d 22. Diketahui sebuah objek G dan objek PQR. Persamaan objek G adalah y=0.5x+2 dan objek PQR memiliki vektor posisi {(2, 4), (4, 6), (2, 6)}. Maka 20. Sudut yang dibentuk antara objek G dan sumbu horizontal X adalah a. 26.56° b. 63.40° c. 52.66° d. 20.43° e. 35.56° 21. Matriks transformasi umum untuk refleksi objek PQR tersebut pada cermin yang berimpit dengan objek G adalah  0.6 0.8 0  a.  0.8 0.6 0   1.6 3.2 1  0.6 0  0.8  b.  0.6 0.8 0  1.6 3.2 1   0.6 0.8 0  c.  0.8 0.6 0  1.6 3.2 1  0.6 0.8 0  d.  0.8 0.6 0 1.6 3.2 1  22. Koordinat objek baru hasil transformasi di atas adalah a. {(2.8, 2.4), (5.6, 2.8), (4.4, 1.8)} b. {(2.8, 2.4), (5.6, 2.8), (4.4, 1.2)} c. {(2.4, 2.8), (5.6, 2.8), (4.4, 1.2)} d. {(2.8, 2.4), (5.8, 2.6), (4.4, 1.8)} 0.8 0  0.6  e.  0.8 0.6 0  1.6 3.2 1  e. Semua salah 23. Elemen skala pada matriks transformasi umum 3 dimensi terdapat pada a. baris ke 4 kolom 1 b. baris ke 4 kolom 1 dan 2 c. baris ke 4 kolom 1,2 dan 3 d. baris ke 4 kolom 1,2,3 dan 4 e. Semua jawawban tidak ada yang benar Halaman 3 dari 4 24. MTU Rotasi objek 3 dimensi pada sumbu Z adalah cos sin 1 0 0 0    0 cos  sin  0  sin cos  a.  b.  0  0  sin  cos  0 0    0 0 1  0  0 0 d.  cos  -sin  0   0 sin cos  0 0 0 0 1 0 0  0 0  1  e. cos   0  sin   0 0 0 1 0 cos 0   0  0 c.   sin 0   1   0 0 -sin 1 0 0 cos  0 0 0  0 0  1  0 -sin 0  0 0 0 0 cos  0  0 0 1  25. Jika diketahui sebuah objek 3D dengan koordinat {(0,0,1), (1,0,1), (1,1,1), (0,1,1), (0,0,0), (1,0,0), (1,1,0), (0,1,0)}, maka Matriks Transformasi Umum apabila objek tersebut dirotasikan sebesar 60º pada sumbu y, kemudian ditranslasikan sebesar y=2 adalah  0.5   0 0.87   0  0.5 0 0 0.35  0 -0.87   1 0 0  0 1 0 a. b.   0 0 0.2 0.87 0 0.5   2 0 1  2 0  0 e. Semua jawaban tidak ada yang benar  0.35 0 0   0 0 1 c.   0 0.87 0   1  2  0  0.5 0 0 0.5    0 0  0 1 d.   0 0.2 0.7 0   0 1   0 2 0 0.35  0 0   0 0.2   0 1  26. Terdapat dua jenis penskalaan dalam transformasi 3 dimensi, yaitu penskalaan local dan penskalaan overall. Dalam matriks transformasi umum, penskalaan lokal dipengaruhi oleh elemen a. Baris ke 4 b. Kolom ke 4 c. Diagonal d. Vertikal e. Horizontal 27. Jika diketahui rumusan sebagai berikut: [ X ][T ]  [ x y 1 b  d 1 z 1]  g i   0 0 c f 1 0 0 0 0  1  Maka transformasi [T] disebut dengan a. Refleksi b. Rotasi. c. Proyeksi d. Shearing e. Scaling 28. Transformasi umum untuk Rotasi 3D dengan pusat rotasi sembarang adalah a. [M ]  [T ]1[ Rx ]1[ R y ]1[ R ][ R y ]1[ Rx ]1[T ]1 b. [M ]  [ R y ]1[ Rx ]1[T ]1[ R ][ R y ][ Rx ][T ] c. [M ]  [T ][ Rx ][ Ry ][ R ][ R y ]1[ Rx ]1[T ]1 e. [M ]  [T ][ Rx ][ Ry ][ R ][ R y ][ Rx ][T ] d. [ M ]  [T ][ Rx ][ Ry ][ R ][ R ]1[ R y ]1[ Rx ]1[T ]1 29. Proyeksi geometri bidang secara umum dikategorikan menjadi dua bagian besar yaitu a. Proyeksi paralel dan proyeksi seri b. Proyeksi kavalier dan proyeksi kabinet c. Proyeksi ortografik dan proyeksi oblik d. Proyeksi perspektif dan orthografik e. Proyeksi paralel dan proyeksi perspektif Halaman 4 dari 4 30. Gambar-gambar di bawah ini adalah a. Perspektif 2 titik hilang c. Proyeksi oblik dan Cavalier e. Proyeksi Orthografik b. Perspektif 1 titik hilang dan Proyeksi orthografik d. Proyeksi Orthogonal

SOAL ESSAY (Point 60%) Diketahui sebuah objek seperti pada gambar di sebelah. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini. Pertanyaan satu dengan yang lainnya tidak berhubungan (berdiri sendiri). a. Tentukan koordinat objek hasil refleksi terhadap sumbu x b. Tentukan koordinat objek hasil refleksi terhadap cermin yang ada pada garis y=x c. Tentukan koordinat objek hasil rotasi sebesar 45º ccwdengan sumbu rotasi adalah titik origin d. Tentukan koordinat objek hasil rotasi sebesar 45º ccw dengan sumbu rotasi adalah (8,6) e. Tentukan koordinat objek hasil refleksi pada cermin yang diletakkan pada garis yang melalui titik (2,8) dan ((0,4)

Halaman 1 dari 4 ` SOAL PILIHAN BERGANDA Jawaban -soal pilihan berganda bisa lebih dari satu atau tidak ada sama sekali !!! 1. Elemen-elemen yang menjadi konsentrasi utama pada grafika komputer adalah a. Modeling b. Rendering c. Morphing d. Animation e. Transformation 2. Teknik grafika komputer yang membuat dan merepresentasikan geometri objek tiga dimensi disebut a. Pengolahan citra b. Pemodelan c. Animasi d. Presentasi e. Variasi 3. Bentuk grafis paling sederhana dari model disebut dengan a. Wireless b. Binary Image c. Wireframe d. Gambar Dijital e. Mainframe 4. Bidang-bidang ilmu lain yang sangat relevan dan erat terkait dengan grafika komputer adalah a. Kedokteran b. Seni c. Suara/sound d. Pengolahan Citra e. Visi Komputer 5. Dilihat dari teknologi alat output, urutan teknologi yang menunjukkan kualitas pencetakan yang semakin baik adalah a. Dot Matrix b. Inkjet /Bubblejet c. Scanner d. Digitizer e. Laser 6. Gambar di bawah ini disebut dengan gambar atau model a. Sederhana b. Wireless c. Monochrome d. Wi-Fi e. Wimode 7. Warna RGB yang muncul pada layar komputer dipancarkan dari a. Electron Gun b. Tube c. Machine Gun d. Phosphor e. Tabung LCD 8. Perangkat lunak grafis terkenal yang menggunakan format gambar vektor adalah a. Autocad b. Coreldraw c. 3D Studio Max d. PaintBrush e. Microsoft Paint 9. Algoritma-algorima persamaan garis dan lingkaran yang dikenal adalah a. DDA b. Line Drawing c. Midpoint Algorithm d. Image Drawing e. Bresenham 10. Jika digunakan algoritma DDA, salah satu titik yang TIDAK dilalui oleh garis antara 1,1 ke 4,6 adalah a. 1,1 b. 2,2 c. 3,3 d. 3, 5 e. 4,6 11. Teknik untuk ‘menghilangkan’ efek jaggy adalah a. Anti jaggy b. Straightforward c. Anti Aliasing Gambar di bawah ini untuk nomor soal 12, 13 dan 14 d. Pixel phasing e. Semua salah 12 14 13 12. a. Horizontal retrace b. Scan line c. Vertical retrace d. Resolution e. Monitor 13. a. Horizontal retrace b. Scan line c. Vertical retrace d. Resolution e. Monitor 14. a. Horizontal retrace b. Scan line c. Vertical retrace d. Resolution e. Monitor Halaman 2 dari 4 15. Jenis citra pada gambar sepeda di sebelah kanan adalah a. Raster b. Citra RGB c. Vektor d. Zoom-in e. Zoom-out 16. Istilah grafika komputer (computer graphics) diungkapkan pada tahun 1960 oleh a. Stalling b. Apache c. Fetter d. Apostol e. Knuth 17. Matriks Transformasi Umum untuk rotasi sebesar θ° CCW dengan pusat origin adalah  cos  sin    cos sin   cos  sin    cos sin    cos  sin   a.   b.   c.   d.   e.     sin  cos   sin  cos    sin  cos     sin  sin     sin  cos  18. Jika sebuah segitiga ABC dengan koordinat {(4,1), (5,2), (4,3)} direfleksikan pada sumbu x, kemudian direfleksikan pada garis y = –x, maka hasilnya adalah segitiga A+B+C+ dengan koordinat a. {(4,-1), (5,-2), (4,-3)} b.{(1,-4), (2,-5), (3,-4)} c. {(4,-1),(5,2), (4,-3)} d. {(1,4), (2,-5), (4,-3)} e. Semua jawaban tidak ada yang benar X Y 19. Kotak X dan Y pada gambar disebelah kiri adalah a. Viewport dan Window b. Window dan Crop c. Window dan ViewMask d. Cliiping dan Windowing e. Semua jawaban salah Soal untuk no 20 s/d 22. Diketahui sebuah objek G dan objek PQR. Persamaan objek G adalah y=0.5x+2 dan objek PQR memiliki vektor posisi {(2, 4), (4, 6), (2, 6)}. Maka 20. Sudut yang dibentuk antara objek G dan sumbu horizontal X adalah a. 26.56° b. 63.40° c. 52.66° d. 20.43° e. 35.56° 21. Matriks transformasi umum untuk refleksi objek PQR tersebut pada cermin yang berimpit dengan objek G adalah  0.6 0.8 0  a.  0.8 0.6 0   1.6 3.2 1  0.6 0  0.8  b.  0.6 0.8 0  1.6 3.2 1   0.6 0.8 0  c.  0.8 0.6 0  1.6 3.2 1  0.6 0.8 0  d.  0.8 0.6 0 1.6 3.2 1  22. Koordinat objek baru hasil transformasi di atas adalah a. {(2.8, 2.4), (5.6, 2.8), (4.4, 1.8)} b. {(2.8, 2.4), (5.6, 2.8), (4.4, 1.2)} c. {(2.4, 2.8), (5.6, 2.8), (4.4, 1.2)} d. {(2.8, 2.4), (5.8, 2.6), (4.4, 1.8)} 0.8 0  0.6  e.  0.8 0.6 0  1.6 3.2 1  e. Semua salah 23. Elemen skala pada matriks transformasi umum 3 dimensi terdapat pada a. baris ke 4 kolom 1 b. baris ke 4 kolom 1 dan 2 c. baris ke 4 kolom 1,2 dan 3 d. baris ke 4 kolom 1,2,3 dan 4 e. Semua jawawban tidak ada yang benar Halaman 3 dari 4 24. MTU Rotasi objek 3 dimensi pada sumbu Z adalah cos sin 1 0 0 0    0 cos  sin  0  sin cos  a.  b.  0  0  sin  cos  0 0    0 0 1  0  0 0 d.  cos  -sin  0   0 sin cos  0 0 0 0 1 0 0  0 0  1  e. cos   0  sin   0 0 0 1 0 cos 0   0  0 c.   sin 0   1   0 0 -sin 1 0 0 cos  0 0 0  0 0  1  0 -sin 0  0 0 0 0 cos  0  0 0 1  25. Jika diketahui sebuah objek 3D dengan koordinat {(0,0,1), (1,0,1), (1,1,1), (0,1,1), (0,0,0), (1,0,0), (1,1,0), (0,1,0)}, maka Matriks Transformasi Umum apabila objek tersebut dirotasikan sebesar 60º pada sumbu y, kemudian ditranslasikan sebesar y=2 adalah  0.5   0 0.87   0  0.5 0 0 0.35  0 -0.87   1 0 0  0 1 0 a. b.   0 0 0.2 0.87 0 0.5   2 0 1  2 0  0 e. Semua jawaban tidak ada yang benar  0.35 0 0   0 0 1 c.   0 0.87 0   1  2  0  0.5 0 0 0.5    0 0  0 1 d.   0 0.2 0.7 0   0 1   0 2 0 0.35  0 0   0 0.2   0 1  26. Terdapat dua jenis penskalaan dalam transformasi 3 dimensi, yaitu penskalaan local dan penskalaan overall. Dalam matriks transformasi umum, penskalaan lokal dipengaruhi oleh elemen a. Baris ke 4 b. Kolom ke 4 c. Diagonal d. Vertikal e. Horizontal 27. Jika diketahui rumusan sebagai berikut: [ X ][T ]  [ x y 1 b  d 1 z 1]  g i   0 0 c f 1 0 0 0 0  1  Maka transformasi [T] disebut dengan a. Refleksi b. Rotasi. c. Proyeksi d. Shearing e. Scaling 28. Transformasi umum untuk Rotasi 3D dengan pusat rotasi sembarang adalah a. [M ]  [T ]1[ Rx ]1[ R y ]1[ R ][ R y ]1[ Rx ]1[T ]1 b. [M ]  [ R y ]1[ Rx ]1[T ]1[ R ][ R y ][ Rx ][T ] c. [M ]  [T ][ Rx ][ Ry ][ R ][ R y ]1[ Rx ]1[T ]1 e. [M ]  [T ][ Rx ][ Ry ][ R ][ R y ][ Rx ][T ] d. [ M ]  [T ][ Rx ][ Ry ][ R ][ R ]1[ R y ]1[ Rx ]1[T ]1 29. Proyeksi geometri bidang secara umum dikategorikan menjadi dua bagian besar yaitu a. Proyeksi paralel dan proyeksi seri b. Proyeksi kavalier dan proyeksi kabinet c. Proyeksi ortografik dan proyeksi oblik d. Proyeksi perspektif dan orthografik e. Proyeksi paralel dan proyeksi perspektif Halaman 4 dari 4 30. Gambar-gambar di bawah ini adalah a. Perspektif 2 titik hilang c. Proyeksi oblik dan Cavalier e. Proyeksi Orthografik b. Perspektif 1 titik hilang dan Proyeksi orthografik d. Proyeksi Orthogonal

SOAL ESSAY (Point 60%) Diketahui sebuah objek seperti pada gambar di sebelah. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini. Pertanyaan satu dengan yang lainnya tidak berhubungan (berdiri sendiri). a. Tentukan koordinat objek hasil refleksi terhadap sumbu x b. Tentukan koordinat objek hasil refleksi terhadap cermin yang ada pada garis y=x c. Tentukan koordinat objek hasil rotasi sebesar 45º ccwdengan sumbu rotasi adalah titik origin d. Tentukan koordinat objek hasil rotasi sebesar 45º ccw dengan sumbu rotasi adalah (8,6) e. Tentukan koordinat objek hasil refleksi pada cermin yang diletakkan pada garis yang melalui titik (2,8) dan ((0,4)