Kegunaan kotak dialog color scheme adalah…a. Merubah pola warna teksb. Merubah pola warna slidec. Merubah pola clipartd. Merubah pola presentasi5. Keg … apa font yang paling menarik dalam membuat dokumen? tuliskan tujuan memilih ukuran font dalam sebuah prestasi Sebutkan 10 dampak negatif perkembangan teknologi bagi remaja!TOLONG BANTU JAWAB KAKNO NGASAL apakah aspek informatika sebenarnya Jelaskan etika dalam membuat postingan atau artikel baru di blog jelaskan pengertian dari Bold, Italic, dan Underline pada microsoft word Baris yang menunjukkan badan program utama akan dieksekusi adalah . . . . dengan menerapkan prinsip berpikir komputasional hitungan jumlah bilangan suku ke-n jika diketahui a=6, b=3, n=5 jelaskan perbedaan internet menggunakan hp dengan komputer
Setelah memahami materi pada BAB I yaitu proses bisnis, perkembangan dunia kerja dan profesi pengembangan perangkat lunak dan gim. Pada BAB II ini kalian akan mempelajari aset desain pada perangkat lunak dan gim. Pada saat ini multimedia sangat dibutuhkan pada perangkat lunak dan gim. Multimedia merupakan media komunikasi dan informasi dengan mengombinasikan antara teks, grafik, video dan animasi yang digunakan untuk menyampaikan suatu pesan tertentu melalui media komputer dan peralatan elektronik lainya. Dalam perangkat lunak, multimedia digunakan sebagai sarana menyampaikan informasi agar lebih efektif dan mempercantik tampilan perangkat lunak. Sedangkan multimedia pada gim menjadi branchmark / standar perkembangan pada setiap generasi console. Gambar 2.2 Penerapan multimedia grafik, teks dan animasi dalam aplikasi starbucks. Sumber: https://dribbble.com/shots/7297745-Starbucks-UI-UX-Dashboard Gambar 2.3 Peningkatan Kualitas gambar Pengembangan sebuah perangkat lunak dan game tidak terlepas dari aset di dalamnya. Bahkan, faktanya adalah apapun yang kita lihat, dengar dan gunakan dalam sebuah perangkat lunak adalah asset dan data. Apakah asset dalam game itu? Asset adalah semua kebutuhan atau bahan - bahan yang digunakan dalam perangkat lunak atau gim. Asset dalam sebuah perangkat lunak atau gim bisa berupa 2D, 3D, animasi, teks, gambar statis, ikon, efek suara, musik atau elemen multimedia lainnya. 1. Objek - Objek Multimedia Untuk membuat sebuah aset pada perangkat lunak atau gim, ada beberapak objek – objek pada multimedia yang perlu kita ketahui, yaitu: a. Teks Teks merupakan dasar dari pengolahan kata dan informasi berbasis multimedia. Teks bertujuan untuk menjelaskan informasi agar dapat dengan mudah dan cepat dipahami oleh pembacanya. b. Gambar Secara umum image atau grafik dapat berupa foto dan gambar. Manusia sangat berorientasi pada visual (visual-oriented), dan gambar merupakan sarana yang sangat baik untuk menyajikan informasi. c. Animasi Animasi merupakan serangkaian gambar bergerak berurutan untuk menyajikan proses tertentu yang biasa dilengkapi teks penjelasan dan audio. Elemen ini adalah salah satu elemen multimedia yang disukai dan menarik. Penggunaan animasi berperan penting dalam mempermudah dalam memahami informasi yang kompleks dan abstrak. d. Audio Suara merupakan gelombang yang dihasilkan dari benda bergetar diudara. Benda bergetar tersebut mengakibatkan molekul yang terdapat diudara merapat merenggang dan menyebar, jika sampai ditelinga manusia akan terdengar suara. Suara dalam sajian multimedia dapat berupa narasi suara manusia, latar musik, efek suara dan lain-lain. Suara dapat bermanfaat untuk penyampaian informasi teks ataupun gambar. e. Video Video adalah hasil rekaman proses kejadian yang berisikan gambar berurutan disertai suara. Jika dibandingkan dengan animasi maka video lebih realistik. f. Link Interaktif Link interaktif digunakan untuk menggabung berbagai elemen multimedia agar menjadi informasi yang padu. 2. Penggunaan Multimedia Multimedia dapat digunakan untuk bermacam – macam bidang pekerjaan tergantung dari kreativitas untuk mengembangkannya. Pemanfaatan penggunaan multimedia, yaitu: a. Multimedia pada Perangkat Lunak Perkembangan teknologi menambah penggunaan multimedia dalam memenuhi kebutuhan komunikasi. Berbagai persoalan dalam multimedia pada perangkat lunak lainnyan seperti chatting, e-learning, video conference, dan lainnya dapat disebut MoIP (Multimedia Over Internet Protocol). b. Multimedia pada Gim Beberapa gim dilengkapi dengan animasi, animasi yang mengandung gambar, video, teks, dan audio yang didalamnya mengandung berbagai informasi memperkuat genre dari gim tersebut. Contohnya genre gim yang berupa kuis, teks pada screen hanya berisi pertanyaan, dapat dikomunikasikan menggunakan grafik. Tidak hanya aspek multimedia tetapi aspek teknik juga diperlukan pada waktu merancang gim. Penerapan multimedia dan gim memerlukan pemrograman yang baik. 3. Desain Grafis Setelah memahami objek-objek multimedia dalam membuat aset penting bagi kita untuk memahami apa itu desain grafis? Desain grafis sebagai sarana visual yang tercipta dapat menjadi sarana penyampaian informasi atau pesan secara jelas dan efektif, bahkan mampu membentuk persepsi manusia akan sebuah hal. Blanchard (1986) mendefinisikan desain grafis sebagai “suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan”. Dari definisi itu dapat disimpulkan bahwa produk dari desain grafis merupakan gambaran visual yang merupakan suatu karya seni yang komunikatif yang dapat digunakan pada segala permukaan. Jadi, desain grafis adalah ilmu yang mempelajari dan mengembangkan bahasa visual (salah satunya) untuk keperluan informasi dan komunikasi dari pelontar pesan. Pesan visual yang ingin disampaikan dapat berupa informasi produk, jasa atau gagasan kepada sasaran (audiensi) secara komunikatif dan persuasif (dengan tujuan publikasi, promosi, dan pemasaran) menggunakan media informasi (misalnya: televisi, website, majalah, surat kabar, brosur). 4. Tools Desain Grafis Adapun peralatan yang digunakan dalam desain grafis konvensional adalah sebagai berikut: Drawing Board (Meja Gambar) Box Light (meja layout) Berbagai pisau potong (Art knife) Berbagai peralatan menempel Berbagai penggaris Berbagai penggaris Berbagai macam karton dan kertas Pulpen (art pen) dengan segala macam ujung penanya Pensil dan crayon berwarna Pada masa digital, semua tahapan desain grafis secara konvensional dapat dilengkapi atau digantikan dengan komponen sebagai berikut : Sistem hardware (perangkat keras) meliputi : PC dan monitor Input device yang meliputi: kamera, scanner, dan pen tablet Output device: Laser printer, plotter dan lain – lain. Sistem software (perangkat lunak) terdiri dari software pengolah kata, software page make-up/layout software spereadsheet, software graphic, software clip art dan software penunjang. Refleksi I Setelah mempelajari materi ini, manfaat yang akan kamu rasakan adalah anda dapat memahami konsep – konsep dasar dan tools yang digunakan dalam membuat aset desain. (Elemen – elemen, penggunaan multimedia, desain grafis dan tools desain grafis) yang tentunya dapat membekali pengetahuan anda dalam memahami konsep multimedia dan asset dalam perangkat lunak dan gim. Assesmen I I. Tugas Mandiri Coba lakukan identifikasi objek – objek multimedia yang terdapat pada sebuah perangkat lunak atau gim yang kamu ketahui! II. Latihan Soal 1. Apakah yang dimaksud dengan aset pada perangkat lunak dan gim? 2. Jelaskan fungsi multimedia pada perangkat lunak dan gim! 3. Sebut dan jelaskan objek – objek multimedia? 4. Apa yang dimaksud dengan desain grafis? 5. Sebut dan jelaskan tools – tools dalam desain grafis! |